Incinews.net
Jumat, 23 Juni 2023, 16.25 WIB
Last Updated 2023-07-29T17:35:08Z
LombokMandalikaNTBPariwisataPemerintahan

ITDC Segera Bangun Arena Pacuan Kuda dan Lapangan Golf di KEK Mandalika Lombok

Foto:Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti saat memberikan keterangan didepan sejumlah media di Kek Mandalika Lombok Tengah usai menggelar pertemuan dengan sejumlah investor.



INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK :Berbagi upaya terus di lakukan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk meningkatkan  kunjungan wisatawan di NTB dengan menambah sejumlah fasilitas di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam waktu dekat, ITDC akan membangun sejumlah infrastruktur favorit seperti arena pacuan kuda, selain bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata, ini untuk melengkapi sejumlah infrastruktur pariwisata yang telah dibangun ITDC di KEK Mandalika, seperti hotel, restoran serta Sirkuit Mandalika.

Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti menyampaikan, sejumlah investor akan segera mengembangkan sejumlah fasilitas yang nantinya bisa menarik wisatawan ke Mandalika.

"Arena pacuan kuda dan lapangan golf akan segera kita bangun. Selain kedua fasilitas tersebut, ITDC juga berencana menghadirkan wahana permainan air atau Wibit di KEK Mandalika. Sementara itu, dalam waktu dekat juga ada peresmian hotel dan restoran di KEK Mandalika,"katanya saat ditemui di Sirkuit Mandalika, Jumat (23/6/2023) usai menggelar pertemuan dengan sejumlah investor di sejumlah negara di asia dan Eropa.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, untuk pacuan kuda, Provinsi NTB memiliki sumber daya yang cukup banyak untuk mendukung atraksi tersebut. Nantinya, pacuan kuda di KEK Mandalika bisa dijadikan sebagai kawasan pendukung sekaligus pengembangan kuda di NTB.

"Apalagi Pacuan kuda merupakan olahraga dengan peminat terbesar kedua di Indonesia setelah sepakbola, dengan demikian untuk memaksimalkan itu kami akan membuka sekolah berkuda di Mandalika,"katanya.

Untuk olahraga golf, Ema melanjutkan, butuh waktu cukup lama, dan untuk merealisasikan itu semua segala sesuatu terus kami persiapkan.

"Waktunya sekitar 2,5 tahun untuk merealisasikannya,"imbuhnya.

Terkait, pembangunan sejumlah fasilitas tersebut, Ema belum bisa membeberkan investor yang terlibat maupun nilai investasi  baru tersebut. Untuk Pihaknya hanya bisa memastikan pengerjaan fasilitas pacuan  kuda dan golf yang akan dimulai dikerjakan dalam waktu dekat.

"Kami sedang menjajaki. Mudah-mudahan kami diberi dukungan oleh pemda. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama (setahun), pacuan kuda sudah akan hadir di KEK Mandalika, begitu juga lapangan golf," jelas Ema.

Ia berharap dengan bertambahnya atraksi atau fasilitas pendukung di KEK Mandalika bisa menambah dan menarik kunjungan wisata ke NTB. Tak hanya itu,  Ema menilai keberadaan lapangan golf dan pacuan kuda tersebut bisa menyerap tenaga kerja.

"Misalkan satu ekor kuda saja nanti membutuhkan empat orang untuk merawat. Bayangkan jika kami punya 80 kuda, sudah berapa tenaga kerja yang bisa diserap," katanya.