Incinews.net
Rabu, 31 Mei 2023, 09.29 WIB
Last Updated 2023-05-31T02:44:38Z

Mantum DPM STIKES Yahya Bima Tanggapi Narasi Usang Soal Mutu STIKES Yahya Bima

 

Foto: Al-Mudabir Alumni dan Mantan Ketua Umum DPM STIKES Yahya Bima. (Sumber Dok. AF)

Incinews.net.  Mantan Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) STIKES Yahya Bima menepis narasi usang tentang status 10 kampus di Bali-NTB yang tidak bisa ikut CPNS serta menyeret nama kampus STIKES yahya Bima.


”Isu terdapat beberapa kampus yang tidak bisa diikutkan CPNS tahun 2024 oleh BKN, salah satunya STIKES Yahya Bima merupakan narasi yang sudah usang”, Jelas Al-Mudabir Alumni sekaligus Mantan Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) STIKES Yahya Bima. Senin, 29/05/23 lalu.


Menurutnya,  Mencantumkan nama STIKES Yahya Bima sebagai salah satu kampus yang alumninya tidak bisa Ikut CPNS itu tidak Koheren dan tidak Relevan dengan keabsahan informasi dan data  STIKES yahya Bima, karena menurutnya narasi yang dikembangkan oleh beberapa pihak sebelumnya dinilai sudah usang dan sudah basih.


“Narasi itu sudah usang dan basih, sejak 2008 STIKES Yahya Bima legitimasi hukumnya jelas sudah diakui oleh Dikti dengan ditetapkan melalui SK nomor: 184 /D/O/2009, adapun selama prosesnya ditahun  2013-2014 ditetapkan sebagai salah satu kampus dalam status pembinaan Dikti itu masalah Internal pengelolaan Yayasan saat itu, dan setau saya itu sudah selesai persoalanya sejak tahun 2016 sehingga STIKES Yahya Bima selesai masa pembinaanya di Dikti dan mendapatkan pengakuan aktif Kembali menjalankan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi dengan Baik”. Ungkapnya.


Lebih lanjut, STIKES Yahya Bima tahun 2017 lalu menurut Dabir semua program studi sudah mendapatkan akreditasi dari LAM-PTKES dan Institusi dari BAN-PT. Sehingga sejak saat itu pihak dan kawan-kawan yang lain tidak ragu untuk memilih STIKES Yahya Bima sebagai tempat bagi mereka untuk menimba ilmu, dan alumni dari kampus tersebut.


Dabir juga menegaskan, STIKES Yahya Bima terus melakukan upaya peningkatan mutu di tahun 2022-2023 melakukan reakreditasi kembali pada Institusi dan program studi tahun 2022, STIKES Yahya Bima kembali memperoleh peringkat Akreditasi Baik dari BAN PT dengan Nomor SK; NOMOR : 7/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2022.


”Program Studi Kebidanan mendapat Akreditasi Peringkat Baik Sekali dari LAM-PTKES SK: 1127/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2022, dan pada tahun 2023 2 (Dua) Prodi S1 Ilmu Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners  Kembali mendapakan peringkat akreditasi Baik Sekali dari LAM-Ptkes SK: 0284/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2023. Hal ini membuat saya dan kawan-kawan  merasa bangga sebagai alumni yang pernah digembleng secara keilmuan di kampus Almamater Ungu itu”. Terangnya. (AF)