Incinews.net
Senin, 29 Mei 2023, 17.47 WIB
Last Updated 2023-05-29T12:58:32Z

Cegah Peningkatan Angka Stunting, PKK Desa Lere Gelar Kegiatan DASAS

Foto: Kepala Desa lere saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan. (Dok. Incinews)


Incinews.net. Pemerintah Desa Lere Kecamatan Parado lewat pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Lere menggelar kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASAS), turut dihadiri oleh pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan dihadiri juga oleh pihak lainnya.


Kegiatan tersebut digelar dalam rangka mendorong kesehatan bagi ibu dan anak, serta mengurangi peningkatan angka stunting di Desa tersebut.


“Sasaran dalam kegiatan tersebut adalah bayi balita, Anak-anak, dan Ibu-ibu” Jelas Muminah, S. Pd, SD Selaku Ketua PKK Desa lere. Senin, 29/5/2023.


Kegiatan pencegahan peningkatan angka stunting tersebut secara langsung memberikan edukasi bagi Ibu-ibu yang hadir, termasuk pemahaman yang berkaitan sebelum dan sesudah ibu melahirkan.


“Pencegahan stanting ini berguna bagi anak-anak, dan bayi bagi Ibu-ibu hamil, baik sebelum melahirkan maupun setelah melahirkan”. Terang  pihak DP3AP2KB Kabupaten Bima yang hadir di lokasi kegiatan.


Ibu-ibu yang hadir pada kegiatan tersebut  diberikan arahan secara langsung untuk dapat memilih dan mengolah makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan Ibu dan anak, sekaligus serah terima sejumlah bahan baku yang mengandung protein dan vitamin.


“Stunting sebenarnya bermula dari kurangnya kadar nutrisi yang diberikan oleh Ibu terhadap anak, untuk itu tujuan dari program ini sebenarnya mendorong untuk peningkatan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga setelah mereka memasuki usia sekolah anak-anak tidak mengalami kesulitan menerima mata pelajaran, untuk kecamatan Parado kami hadir di Desa Lere dan Desa Kanca”. Jelas Pihak DP3A2KB lebih lanjut. 


Kegiatan yang berlangsung turut dihadiri oleh  Kader Posyandu, PKK Desa Lere, dan sejumlah pihak dari  (DP3AP2KB) Kabupaten Bima, Unit pelaksana Teknis kecamatan parado, berlangsung di Aula Kantor Desa setempat.

Dahlan AR, kepala pemerintah setempat turut memberikan apresiasi dengan kegiatan tersebut, Dan menjelaskan bahwa Program tersebut juga mesti dipikirkan bagaimana tindak lanjutnya.


“Kami apresiasi kegiatan ini, Karena berguna mendorong hidup yang berkualitas, untuk  itu harus ada tindak lanjut, hidup yang berkulitas itu perlu sarana sebagai pendukung, berupa tempat tinggal hal penunjang lainya, hal tersebut juga harus ikut dipikirkan oleh Pemerintah Daerah”. Jelas Kades. (AF)