Incinews.net
Minggu, 04 September 2022, 17.02 WIB
Last Updated 2022-09-08T21:38:07Z
BimaNTB

Luar Biasa! Tiga Kali Berturut-turut Desa Bolo Juara Umum STQ Tingkat Kecamatan Madapangga

Foto: Kepala Desa Bolo dan Ketua Kontingen STQ Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima 2022


insan cita (inciNews.net) Bima - Selamat pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Provinsi NTB tahun 2022 berjalan sukses dan Resmi di tutup. Sabtu (03/08/2022) malam.

Desa Bolo berhasil mempertahankan trofi juara Umum dengan perolehan 9 medali. Terdiri dari 7 medali emas dan 2 Perak. Desa Bolo sukses mempertahankan trofi juaranya selama tiga kali berturut-turut diajang STQ tingkat Kecamatan Madapangga yang dimulai sejak tanggal 29 Agustus- 3 September 2022 

Piagam dan trofi penghargaan diserahkan kembali kepada kafilah Desa Bolo oleh camat Madapangga.


Camat Madapangga Tajudin Nor, S.Sos menyampaikan selamat dan rasa bangga terhadap seluruh peserta yang sudah menorehkan prestasi-prestasi luar biasanya yang telah mengharumkan nama desanya masing-masing. "Selamat sudah membawa nama baik desanya,"katanya saat penutupan secara resmi STQ tingkat kecamatan. 

Pada kesempatan itu juga mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya terhadap seluruh jajaran panitia kecamatan maupun panitia Lokal Desa Woro, "saya sampaikan banyak terimakasih yang sudah banyak berkontribusi sehingga suksesnya acara ini,"terang Tajudin Nor.

Terpisah, Kepala Desa Bolo Muhtar H Idris, menyampaikan, sangat mengapresiasi dan bangga kepada Kafilah Desa Bolo yang telah mampu mempertahankan juara umum STQ Tingkat Kecamatan Madapangga, terutama ketua kontingen, atas usaha dan kerja kerasnya untuk membimbing para peserta sehingga bisa keluar sebagai juara umum.

"Alhamdulillah. Gak sia-sia Kegiatan Pembinaan peserta yang telah dilaksanakan. Atas nama pribadi dan warga Desa Bolo patut bangga, tidak lupa ucapan terimakasih banyak kepada masyarakat Desa Bolo atas Do'a dan dukungan, lebih khusus kepada ketua Kontingen, koordinator masing-masing lomba, semua peserta utusan yang mewakili Desa Bolo,"ucapnya.

Sementara, Ustadz Ahmad Suherman
menyampaikan, dengan keluarnya Kafilah Desa Bolo sebagai juara Umum, ini mengharapkan, terwujudnya sumberdaya manusia bertakwa, pekerja keras, terampil, memiliki pengetahuan kecerdasan yang produktif serta berakhlak mulia. 

"Karena itu, menurut saya, perang masyarakat yang islami saat ini sangat penting dalam membentuk karakter dan sikap perilaku yang tidak mencederai moral dan sosial masyarakat. Sehingga nantinya bisa menjadi generasi unggul, pondasi tercapainya masyarakat yang dijelaskan dalam Qur'an dan hadits,"ungkap ketua Kontingen Kafilah Desa Bolo.

Ia juga menekankan, agar momentum ini hendaknya Qur'an dan hadits sebagai pegangan untuk dijadikan petunjuk dan pedoman hidup kita di dunia.

"STQ ini salah satu kesempatan  dijadikan sebagai momentum bagi umat muslim untuk kembali merefleksikan dan menjalankan nilai-nilai yang terkandung didalamnya dengan penuh keikhlasan dan penghayatan yang baik. Karena bacaan yang bagus, hafalan lancar dan pemahaman benar yang disajikan diajang STQ ini merupakan salah satu cara umat Islam untuk mempedomani Alquran sebagai kaum yang bertakwa,"terangnya.

Selain itu, Pria yang dikenal sebagai Guru Ngaji di Desa Bolo ini juga menekankan, STQ ini juga bisa dijadikan siar Islam dan kegiatan yang positif, sehingga bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

"Alhamdulillah pelaksanaan STQ tingkat kecamatan Kabupaten Bima tahun 2022 di Desa Woro berjalan aman dan lancar. Saya sekali lagi menyampaikan selamat kepada peserta yang telah meraih prestasi yang gemilang. Semoga prestasi yang diraih dijadikan sebagai motivasi untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan. Begitu juga peserta yang belum meraih prestasi pada helat STQ ini untuk terus belajar, agar kedepannya bisa meraih prestasi," tukasnya.

STQ yang sebelumnya dibuka secara resmi Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri pada hari Senin (29/08/2022) malam kemarin diapresiasi. Perempuan pertama jadi Bupati Bima ini pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan bangga atas kesiapan dan kemegahan panggung arena STQ.

Hal itu, kata perempuan yang akrab disapa Umi Dinda, merupakan bentuk kebersamaan atau partisipasi semua komponen. Tentunya bukan pada sisi pendanaan saja, namun didukung semangat gotong royong dalam membantu pelaksanaan STQ ini.

“Kemegahan arena STQ ini adalah wujud nyata semangat gotong royong masyarakat Madapangga khususnya tuan Rumah,” ujar Bupati Bima Umi Dinda.


Inilah susunan hasil Perolehan Medali Peringkat Desa STQ Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima tahun 2022.