Segera Bergulir, Catat Kick-Off Liga 3 PSSI Bank NTB Syari'ah dan Inilah Klub yang Akan Bertarung -->

Kategori Berita

Iklan 970x250px

Segera Bergulir, Catat Kick-Off Liga 3 PSSI Bank NTB Syari'ah dan Inilah Klub yang Akan Bertarung

Incinews.net
Kamis, 04 Agustus 2022
Foto: Ketua Asprov PSSI NTB H. Mori Hanafi Ditengah saat menggelar jumpa pers dengan didampingi pengurus PSSI dan Exco PSSI NTB. 


insan cita (inciNews.net) Mataram - Ketua Umum Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Nusa Tenggara Barat (Asprov PSSI NTB) memastikan bahwa Liga 3 Asprov PSSI NTB 2022 bakal berlangsung pada sabtu enam Agustus 2022 di Gelanggang Olahraga (GOR) 17 Desember Turida Kota Mataram.

Menariknya, kompetisi kasta tertinggi sepakbola di Provinsi NTB tersebut berganti nama menjadi Liga 3 Bank NTB Syari'ah. 

Itu menyusul, pihak Asprov PSSI setempat telah meneken kontrak kerjasama sponsorship menggandeng perbankan yang sahamnya dimiliki Pemprov dan semua Pemda di 10 kabupaten/kota di NTB. 

"Alhamdulillah, untuk pelaksanaan kompetisi kali ini, kami sudah mendapatkan sponsor resmi. Karenanya, semua klub peserta juga memperoleh subsidi sekadar pembiayaan untuk mengarungi kompetisi kasta tetinggi sepakbola di NTB itu," ujar Ketua Asprov PSSI NTB, H. Mori Hanafi saat menggelar jumpa pers dengan para awak media di sekretariat Asprov PSSI NTB di Mataram, Kamis Petang (4/8/2022).
Mori Hanafi mengaku, bahwa semua kelompok umur yang akan bergulir kompetisinya setelah liga 3 NTB, juga akan bersama Bank NTB Syariah untuk penamaannya. 

Kompetisi itu, yakni Piala Soeratin U-15, U-13 dan U-12 hingga Pertiwi, semua namanya adalah kompetisi yang menyertakan nama sponsor, yakni Bank NTB Syariah 

"Kehadiran pihak swasta selaku sponsor itu, adalah tanda jika pengelolaan sepakbola di Provinsi NTB, sudah mulai mengarah ke profesional dan berjalan dengan baik sejauh ini," tegas Mori Hanafi didampingi pengurus PSSI dan Exco PSSI NTB. 

Mori Hanafi menjelaskan, kompetisi liga 3 PSSI Bank NTB Syari'ah akan di Ikuti 26 klub.

"Dari 26 klub dibagi dan beberapa pool yaitu ada poll di Lombok, Sumbawa dan Bima serta akan disiarkan langsung oleh Lombok TV seperti tahun sebelumnya,” sebut Mori Hanafi yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD NTB.

Pada Liga 3 PSSI Bank NTB Syari'ah 2022, Asprov PSSI akan menerapkan protokol kesehatan  mengingat masih dalam suasana virus corona. Sama seperti Liga 1 dan 2, seluruh pemain yang akan berlaga diwajibkan sudah menjalani vaksinasi. Mereka juga harus melakukan tes Swab antigen untuk memastikan kondisinya kesehatannya.

"Sama mereka harus sudah disuntik vaksin semua. Mereka ketika datang harus sudah negatif dan pasti menggunakan semuanya," pungkas Bang Mori.

Kata Bang Mori untuk izin keramaian dari Polda NTB sudah dikantongi. Dengan begitu penonton bisa memenuhi maksimal 75 persen dari kapasitas GOR atau 15 ribu orang.

“Kami sudah mendapatkan izin dari Polda, sudah diperkenankan penonton hingga 75 persen dari kapasitas GOR,” terangnya.


Untuk bisa menonton klub-klub kesayangannya, ditarif cuma 15 ribu per orang bebas akses tribun.


“Untuk all pass atau menonton keseluruhan pertandingan ditarif cuma Rp500 ribu rupiah dan juga bebas akses,” jelasnya.


Bang Mori berharap, liga 3 ini akan berjalan dengan baik sesuai rencana.


“Karena kami sudah siapkan semuanya termasuk meningkatkan kapasitas pemain dan hal-hal tehnis terkait lainnya,” harapnya dengan didampinggi beberapa pengurus Asprov PSSI NTB.


Sementara itu, setelah melakukan pembagian grup Liga 3 NTB 2022 yang akan digulirkan di Pulau Sumbawa dan di Pulau Lombok, mulai 6 Agustus 2022. Klub peserta Liga 3 NTB 2022 dibagi dalam empat grup.

Klub yang berada di Pulau Lombok terdiri dari Grup A dan Grup B, sementara klub yang dari Pulau Sumbawa terdiri dari Grup C dan Grup D.

Di grup A diikuti delapan klub, seperti juara bertahan Perlobar, PS Mataram, Lombok FC, PSLT Lombok Tengah, PS Fatahillah 354, PS Hamzanwadi, Infa FC, dan Bintang Ampenan. Selanjutnya di Grup B berisi tujuh klub. Yakni runner up Liga 3 NTB 2021, PS Bima Sakti, PS Bintang Kejora, Perslotim, PS Seleparang Raya, PS Daygun, Mandalika FC, dan Garuda Muda.  Pertandingan Grup A dan B seluruhnya akan digelar di GOR 17 Desember.

Sementara itu di Grup C  melibatkan  tim Lebah FC Sumbawa, Persekobi, Cordova University, Bomber FC, Persisum Sumbawa, dan Panser FC. Pertandingan Grup C digelar di Sumbawa dengan tuan rumah Lebah FC.

Selanjutnya Grup D dihuni Persebi Bima, Persidom Dompu, Galaxy FC, PSKT Sumbawa Barat, dan PS Sumbawa FC. Pertandingan Grup D akan berlangsung di Kabupaten  Bima dengan tuan rumah Persebi Bima.

Persaingan Liga 3 NTB 2022 bakal lebih ketat daripada  liga sebelumnya. Karena jumlah klub peserta bertambah delapan klub. Pertandingan perdana Liga 3 NTB 2022 digelar di GOR 17 Desember, 6 Agustus. Di laga pembuka ini menampilkan dua rival utama Pulau Lombok, Perslobar melawan PS Mataram.  Kemudian jompetisi di Pulau Sumbawa baru mulai pertandingan 27 Agustus