Incinews.net
Selasa, 30 Agustus 2022, 11.22 WIB
Last Updated 2022-08-30T04:54:29Z

Masyarakat Aksi Keliling Dusun, Tuntut Kades Tingkatkan Pembangunan Desa Bala

Foto masa aksi saat aksi berlangsung Di Kesa Bala, kecamatan Wera.

Incinesws.net. Mutu menjadi prioritas pada sistem pembangunan, menyadari pentingnya mutu pada arah pembangunan desa, Masyarakat Desa Bala menuntut Kepala Desa untuk merealisasikan Visi-misi, serta peningkatan kinerja Kepala Desa, dan peningkatkan kelanjutan dari pembangunan Desa setempat.

Masa aksi yang mengatasnamakan aliansi Mahasiswa, dan Pemuda Desa Bala, berdasarkan Pantaun Crew Media ini, Senin 29/8/lalu. kelompok masa aksi yang berasal dari desa setempat mulai menggelar aksinnya di SDN Inpres Desa Bala, sejak Pukul 08.30 Wita, lanjut  melakukan orasi keliling di wilayah Desa Bala.

Setelah menggelar orasi keliling di seluruh wilayah Dusun yang ada di Desa Bala. masa aksi berikut melakukan orasi di depan kantor Desa Bala, mulai jam 10.30 Wita sampai pada pukul  11.50 Wita.

Dalam orasinya,  Ilham yang bertindak sebagai korlap dan anggotanya menyampaikan sikap di depan pemerintah Desa Bala, bahwa apa yang dijanjikan dalam visi dan misi sebelumnya hingga kini belum direalisasikan sepenuhnya oleh kepala Desa Bala.

Masa aksi tersebut mendesak pihak kepala desa, untuk segera merealisasikan apa yang menjadi usulan dan kebutuhan masyarakat, berikut visi misi Kades selama ini. seperti,

1. Menuntut Kades Merealisasikan pembangunan lapangan umum.
2. Memberikan klarifikasi organisasi Desa yang mandek.
3. Meminta kepada pihak Pemdes agar memperjelas pengelolaan anggaran darurat Covid 19.
4. Mempertanyakan kepada kepala Desa mengenai visi dan misi yang sampai hari ini belum direalisasikan.
5. Meminta Pemdes bala agar segera merenovasi masjid Al-barokah di desa bala.
6. Mendesak Pemdes agar segera merealisasikan pembangunan Gang di dusun radu.

Setelah menyampaikan sejumlah tuntutan, Pemdes Bala menyambut masa aksi, dan selanjutnya mengggelar pembahasan terkait sejumlah tuntutan masa Aksi.

Usai menggelar pertemuan, dan diskusi dengan pemerintah desa, masa aksi membubarkan diri dan mengatakan akan kembali, dan menitip harapan kepada Kepala Desa Bala supaya dapat membuat perjanjian secara tertulis terkait kepastian realisasi dari sejumlah tuntutan yang disampaikan.

"Kami akan kembali untuk meminta pernyataan tertulis terkait sejumlah tuntutan yang telah kami sampaikan" Jelas salah satu masa aksi usai menyampaikan sejumlah tuntutan. (Pelred/ M.A)