Incinews.net
Selasa, 26 Juli 2022, 23.38 WIB
Last Updated 2022-07-27T12:58:22Z

Kepala Disnakertrans Paparkan Prioritas Pemda Bima Pada pembangunan KPB Tambora

 

Gambar: Model peracangan pembangunan Embun Sebagai sumber air bersih dan fasilitas listrik pembangkit Tenaga Mikro-Hydro.


Incinews.net. Pemerintah Daerah Kabupaten Bima pada periodesasi kepemimpinan Dinda-Dahlan jilid II, Lewat Dinas Tenaga kerja Dan transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima terus progres dalam mendorong pembangunan kawasan Perkotaan Baru (KPB) di wilayah Tambora.

Fatahullah, S. Pd selaku Kepala Disnakertras mengungkap sejumlah tahapan yang telah terlaksana, berikut item prioritas pada pembangunan KTB di tahun 2023 mendatang.

"Kami telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Dinas Pariwisata,  Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Keswan, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Tambora dan Para Kepala bidang terkait dari Bappeda, dan Dinas PUPR Kabupaten  Bima terkait dengan agenda pembangunan KTB 2023 mendatang". Jelas Fatahullah, S.Pd. Selasa, 26/7/2022.

Gabar: Model  perencanaan pembangunan instansi pemerintahan yang bermotif Budaya.

Menurut Fatahullah, S.Pd, Rakor pada tanggal 24/7/2022 lalu telah membahas sejumlah langkah untuk pembangunan  yang terintegrasi di Kecamatan Tambora, dengan menggunakan luas wilayah 672,82 km ², terbagi dalam 7 (Tuju) desa dan 6 (enam) satuan pemukiman (SP) transmigrasi.


Hasil konfirmasi terkait KPB oleh Media ini pagi tadi di halaman kantor DPRD Kabupaten Bima, Kepala Disnakertrans mengungkap sejumlah item pada rancangan pembagunan KPB di Tahun 2023 mendatang. Menurutnya terkait progres Pembangunan KPB telah dirampung perecanaan (Projek) lanjutan dari pembangunan yang telah upayakan Pemda sebelumnya.

"Pembangunan untuk Kawasan Perkotaan Baru (KPB) kedepan, Kantor pemerintahan KPB yang sekarang akan dialih fungsikan menjadi kantor Camat dan pembangunan  kantor UPT dengan model bangunan bermotif budaya, Pemeliharaan jalan dan penaman Pohon Kurma di bagian tengah jalan, Pembangunan terminal dan alih fungsi Mobil Trans Desa dari Kemenhub untuk melayani rute KTM-Sanggar, menfungsikan kembali Pasar dan Pelabuhan, Pembuatan kebun Naga (Agro Wisata) dan pojok Selvie bagi masyarakat dan pegunjung, Arena pacuan Kuda atau Sirkuit Motor Croos, Pembangunan Embun Sebagai sumber air bersih dan fasilitas listrik pembangkit Tenaga Mikro-Hydro'. Jelas Fatahulla, S. Pd.
Gambar: Model perencanaan Arena pacuan kuda /atau sirkuit Motor Croos.

Selain itu, Fatahullah, S.Pd selaku Kepala Disnakertrans menabahkan bahwa dalam proses pembangunan yang akan diprogramkan Tahun 2023 mendatang, juga akan melibatkan instansi yang ada di Kabupaten Bima dengan desain yang telah ditentukan.

"Seluruh instansi akan terlibat, kedepan akan direncanakan pembangunan Pandopo Mini, dan pembangunan KPB merupakan program perioritas kepemimpinan Dinda-Dahlan pada Periode Ke-II ini". Papar Fatahullah, S.Pd. (Pelred/M.A).