Incinews.net
Rabu, 06 Juli 2022, 02.46 WIB
Last Updated 2022-07-05T19:01:55Z

Jelang Pilkades Serentak Di 57 Desa, Begini Penjelasan Bupati Bima Dan Pimpinan OPD

 

Foto Bupati Bima usai menggelar apacara Hari Jadi Bima yang Ke-382. 


Incinews.net. Sebanyak 57 Desa di Kabupaten Bima pada hari Rabu 6/7/2022 akan melangsungkan proses pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar secara serentak, Kepala Dinas DPMDes Kabupaten Bima, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) dan Bupati Bima Ungkap sejumlah penjelasan. Selasa, 5/7/2022.

Persiapan Pilkades yang digelar awal bulan April lalu hingga kini, sejumlah polemik yang terjadi menyangkut proses pelaksanaan Pilkades, seperti komplain penerimaan bakal calon hingga keputusan penetapan calon Kades oleh Panitia Pilkades menuai banyak perdebatan dan sikap protes masyarakat hingga berlangsung ditingkat legislatif.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas DPMDes yang diwawancarai Senin, (4/7) lalu  ungkap sejumlah harapan terkait rencana pada pelaksanaan pencoblosan pilkades yang digelar secara serentak di hari Rabu (6/7) nanti oleh masyarakat di 57 Desa.

"Kami berharap panitia pelaksana di 57 desa tetap menjaga jalannya pemilihan sesuai aturan -aturan yang berlaku" Jelas Putarman, S.E waktu lalu.

Berikut ditempat yang berbeda, hal yang senada juga disampaikan oleh Kepala Bankesbangpol Kabupaten Bima, Drs.Syahrul lewat Fajarmedia waktu lalu turut memberi ungkapan terkait keamanan jalannya pemilihan serentak yang akan digelar.

"Pesta Demokrasi Pilkades tahun ini, diharapkan berjalan lancar dan Damai, menghasilkan pemimpin di masing-masing desa yang berkompeten". Ungkap Drs. Syahrul lewat Fajarmedia.

Drs. Syahrul menyadari meski banyak polemik yang terjadi sebelumnya, namun seperti yang diungkap melalui Fajarmedia ia juga menjelaskan, bahwa sejak masa persiapan hingga menjelang pemilihan serentak situasi masih terpantau aman.


"Sejauh ini, dari hasil pantaun kami di tiap - tiap Desa yang mengadakan Pesta Demokrasi terpantau aman, dan jona - jona di anggap rawan sekarang terlihat berjalan Damai". Jelas Drs. Syahrul lewat media tersebut.


Ditempat yang berbeda, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Suryadin S.S, M.Si  lewat pers relisnnya mengungkapkan rangkaian aktifitas Bupati Bima, bahwa secara virtual senin (4/7) Bupati Bima selaku kepala Daerah juga menggelar Rapat Koordinasi terkait  Pelaksanaan Pilkades Serentak, yang dihadiri para Camat, Kepala Desa dan panitia pelaksana Pilkades dari 57 Desa.


"Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri S.E., kembali menekankan dukungan bagi keberhasilan pesta demokrasi di setiap desa". Jelas Suryadin, S.S,. M.Si. mengulas ungkapan Bupati Bima dari hasil rapat Virtual yang telah berlangsung.


Lanjut Suryadin, S.S, M.Si menjelaskan,  sehari setelah menggelar rapat Virtual. Pada hari selasa (5/7) Bupati Bima waktu menjadi Inspektur Upacara pada peringatan hari Jadi Bima  yang Ke-382. dihadapan peserta upacara juga menjelaskan terkait capaian pelaksanaan pilkades.


"Pada kesempatan ini,  saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para Camat, Kepala Desa, Panitia dan aparat keamanan yang telah membantu seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkades Serentak tahun ini. sehingga dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan" Jelas Suryadin, S.S, M.Si mengikuti penjelasan Bupati saat menyampaikan sambutan waktu upacara Hari jadi Bima waktu lalu. (M.A)