Incinews.net
Kamis, 28 Juli 2022, 09.26 WIB
Last Updated 2022-07-28T13:49:59Z
BimaNTB

DPW BMWI NTB Gelar Silaturahim Dengan Kadis Koperasi Dan UMKM Lobar


Foto saat pertemuan berlangsung ( Sumber: LBMWI NTB)


Incinews.net. Ketua DPW Barisan Muda wirausaha Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat Is Karyanto didampingi Pengurus DPP bidang Litbang & Wakil ketua STIKES Mataram Sukardin, Ketua DPC Barisan Muda Wirusaha Indonesia kabupaten Lombok Barat Saiful Bahri, Ketua DPC Barisan Muda Wirusaha Indonesia Kota Mataram Andriawan, bersama Pengurus DPC BMWI Kabupaten Lombok Barat Mustafa alam, Edwar malomb, Masbulloh dan Abdul warist bertemu dengan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Barat H. Maad Adnan, S.Pd, M.Pd beserta jajarannya. Selasa, 26/7/2022


Pada pertemuan yang telah berlangsung membahas  beberapa hal seperti:

1. Ketua BMWI NTB menginformasikan bahwa DPC BMWI Kabupaten Lombok Barat telah terbentuk dan siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah terkait percepatan pengurusan NIB bagi para pelaku UMKM dan program-program lain yang terkait.
2. Upaya mempercepat langkah tersebut, Ketua BMWI mengajukan untuk Segera diagendakan peluncuran NIB yang akan dilaunching oleh Bupati dan Kadis Koperasi Kabupaten Lombok Barat dengan dasar data UMKM non formal yang dimiliki oleh Kabupaten Lombok Barat yakni sebanyak 83.627 UMKM.
Kadis Koperasi Lombok Barat menyampaikan, dalam upaya percepatan NIB pihaknya telah berupa mengejar target yang ditetapkan dan untuk meningkatkan kuantitas UMKM yang akan mengurus NIB akan dilakukan program pengurusan NIB keliling yang di inisiasi oleh dinas koperasi lombok barat. Ketua DPW BMWI NTB menyampaikan bahwa kawan-kawan DPC BMWI Lombok Barat siap ikut serta dalam program dinas koperasi.
4. Dalam kesempatan ini pula, ketua BMWI NTB menyampaikan adanya agenda Harlah BMWI Sekaligus pelantikan 10 DPC BMWI kota/kabupaten dan DPW NTB yang akan diselenggarakan di lombok pada tanggal 1 sd 4 September 2022 dengan rangkaian acara Bazar UMKM yang akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan Marathon yang akan dibuka oleh menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif. pada acara ini direncanakan akan dihadiri juga oleh Menteri Pertanian, Moeldoko dan Ketua MPR RI. Dalam kesempatan ini, kepala Dinas Koperasi Lombok Barat menyampaikan untuk dapat diberikan kesempatan untuk para pelaku UMKM potensial yang dimiliki oleh Lombok Barat untuk ikut serta dalam Bazar tersebut.
5. Ketua BMWI NTB dalam kesempatan ini juga menyampaikan, satu program kerjasama untuk menciptakan para pelaku UMKM baru dengan mengadakan pelatihan Mobile Homespa untuk menindaklanjuti kerjasama BMWI NTB dengan HTC (Homespa Treatment Center) wilayah Bali Nusra dengan target pelatihan untuk para sigle parent (janda), para ex. TKW, para anggota TP. PKK Lombok Barat dan ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan harian yang pasti setiap harinya untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi keluarga. Dalam acara ini sekaligus penyerahan NIB bagi para trapis. Adapun tajuk acara dalam program kerjasama BMWI NTB dan HTC Bali Nusra yakin "Beaty and Healt Festival" dimana akan dilakukan tes kesehatan Gratis menggunakan alat tes yang tersertifikasi dan telah mendapatkan sertifikat Nobel.

Berikutnya, terkait rencana program dari BMWI NTB, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Barat juga sangat mengapresiasi rencana program kerja yang dipaparkan oleh BMWI NTB.

"Kedepan koordinasi yang mendalam lagi, agar program-program tersebut segera terealisasi sebagai salah satu upaya untuk mendukung program kementerian dan pemerintah pusat" Jelas Kepala Dinas dan UMKM Lobar. (Pelred/AF)