Incinews.net
Rabu, 15 Juni 2022, 20.46 WIB
Last Updated 2022-06-15T23:55:20Z

TKI Meninggal Di Malaysia, Keluarga Di Indonesia Tolak Outopsi


 A. Bakar mantan Kades Tangga Baru, Kakak kandung jenazah yang kini masih dinegara malaysia.

Incinews.net. Zenajah M. Jafar Warga Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima Provinsi NTB, yang meninggal dunia di Malaysia terdesak memerlukan bantuan dari Pemerintah Indonesia, Untuk dipulangkan tanpa harus dilakukan outopsi.


Sebelumnya almarhum meninggal dunia karena kecelakaan di Negara malaysia, hingga kini pihak keluarga telah melayangkan surat pernyataan sikap untuk tidak dilakukan outopsi terhadap jenazah. Seperti yang telah diungkapkan oleh A. Bakar Selaku Kakak kandung almarhum. Rabu, 15/06/2022.


"Berdasarkan informasi, Adik kandung saya akan dipaksa untuk dilakukan Outopsi. padahal kami sebelumnya sudah mengirim surat pernyataan penolakan untuk di lakukan Outopsi di kepolisian Malaysia" Ungkap A. Bakar sekaligus mantan kades tangga Baru.


Lewat media ini, A. Bakar juga meminta kepada pemerintah Indonesia untuk membantu adik kandungnya,  dan meminta  almarhum adiknya tidak dilakukan outopsi. 


"Jika dilakukan Outopsi, bahwa berdasarkan hasil pengalaman selama ini, kami khawatir akan terjadi pengurangan organ tubuh pada mayat. hal itulah yang kami khawatirkan". Ungkapnya.

Foto M. Jafar (Almarhum) dengan Istri yang kini masih di malaysia.

Lanjut A. Abakar menjelaskan, M. Jafar (Almarhum) sudah 5 tahun menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara Malaysia, Dia pergi dengan istri bersama anaknya.


"Kemarin hari Sabtu, 11/6/2022 Kami kaget ditelpon oleh istrinya. Berikan info bahwa M. Jafar sudah meninggal dunia di Kebun kelapa Sawit" jelas  A. Bakar.


Sebagai bukti permintaan penolakan Outopsi terhadap Alamarhum, A. Bakar juga menjelaskan bahwa tertanggal 15/6/2022 telah melayangkan surat pengantar dan surat pernyataan tidak dilakukan outopsi terhadap adiknya kepada petugas (Ketua Polis bintulu Malaysia).


"Sekali lagi saya berharap kepada DPR RI Dapil Pulau Sumbawa, untuk membantu adik kandung saya, dan memulangkan jenazahnya tanpa dilakukan Outopsi". Harapnya. (MM)