Incinews.net
Jumat, 22 April 2022, 10.27 WIB
Last Updated 2022-04-25T01:05:40Z
DPRDMataramNTB

Rapat Paripurna DPRD NTB, Gubernur Bang Zul Sampaikan Beragam Prestasi NTB Gemilang Sepanjang tahun 2021

Foto: Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi Sekda NTB, HL Gita Ariadi saat menyerahkan dokumen LKPJ Gubernur tahun 2021 kepada Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda didampingi para Wakil Ketua DPRD NTB yakni; H Mori Hanafi, H Muzihir dan H Abdul Hadi, para Rapat Paripurna DPRD NTB, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD NTB, Kamis (21/4/2022).

Insan cita (incinews) Mataram - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi NTB menerima dan mendengarkan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur NTB 2021.

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah memaparkan sejumlah prestasi dan capaian yang diraih Provinsi NTB. Pada kesempatan tersebut Gubernur NTB menyampaikan capaian NTB Gemilang tersebut dalam rapat sidang paripurna I bertempat di Gedung Kantor DPRD NTB di jalan udayana Kota  Mataram (21/4/2022). 

Sejumlah prestasi dan capaian tersebut diantaranya kata Gubernur NTB prestasi yang berhasil diwujudkan selama tahun 2021 dapat dilihat dari indikator makro yang mengalami perbaikan. Diantaranya pertumbuhan ekonomi tumbuh positif  sebesar 2,3 % dengan tambang dan 4,09 % tanpa tambang dibandingkan pada tahun 2020 mengalami kontraksi 0,64 % dengan tambang dan 5,19 % tanpa tambang.

"Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian di NTB sudah mulai pulih dan semoga terus membaik. Sehingga target pertumbuhan ekonomi diatas 5 % dapat kita capai pada masa yang akan datang," ujar Bang Zul, sapaan akrabnya. 

Menurutnya, berbagai terobosan juga telah dilakukan Provinsi NTB dalam memulihkan ekonomi ditengah pandemi covid-19. Diantaranya dengan mendorong optimalisasi pengembangan komoditas atau jenis usaha melalui program industrialisasi produk unggulan daerah, serta mendorong IKM dan UKM menjadi sektor lokomotif usaha daerah melalui pengembangan produk, pengembangan SDM dan pengembangan Manajemennya.

"Industri pariwisata kita terus mengembangkan melalui desa wisata, promosi, menyelenggarakan event-event serta terus mengembangkan infrastruktur strategis.  Diantaranya infrastruktur untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pengembangan RSUD NTB dan Rumah Sakit Mandalika serta infrastruktur jalan yang potensial lainnya terhadap produksi pangan lainnya," ujar Doktor Ekonomi Industri tersebut.

Selain gambaran capaian kinerja dalam indikator makro pembangunan tersebut, disebutkan Bang Zul NTB berhasil mempertahankan dan terus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang lebih terbuka, transparan, efektif dan akuntabel. Sehingga berhasil meraih WTP 10 kali berturut-turut dalam pengelolaan keuangan daerah. Dalam hal inovasi pemerintah NTB berada pada tingkat kedua dengan skor indeks 75,67 dengan predikat sangat inovatif. 

"Serta Pemerintah Provinsi NTB diberikan apresiasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan BRIN bahwa NTB menjadi Provinsi yang pertama menghasilkan BRIDA dari 34 Provinsi di Indonesia," kata Bang Zul.

Prestasi lainnya, sambung ia, Provinsi NTB berhasil menduduki peringkat 3 Nasional Provinsi Informatif pada Keterbukaan Informasi Publik 2021. Meraih Harmony Award dari Kementerian Agama, terakhir NTB meraih BKN Award 202.

Ditambahkan Peneliti Muda Terbaik Indonesia Tahun 2003 tersebut, dari berbagai kemajuan dan prestasi yang diraih, bukanlah hasil perjuangan Pemerintah semata melainkan berkat kerjasama dan sinergi yang kuat antara pemerintah dengan legislatif, Pemerintah dengan masyarakat dan  seluruh stakeholder pembangunan lainnya.

"Untuk itu kedepannya patut kita pertahankan dan tingkatkan sinergi pemerintah dengan legislatif dan usaha kerja keras untuk mewujudkan NTB yang Gemilang dapat kita capai bersama," Puji Gubernur.

LKPJ sendiri disampaikan Gubernur sebagai wujud dari pelaksanaan amanat undang-undang sekaligus bagian dari akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengacu pada RKPD tahun 2021 dan APBD tahun anggaran 2021. Tahun 2021 merupakan penjabaran tahun ketiga dari pelaksanaan RPJMD tahun 2019-2023.

Usai Gubenur NTB membacakan laporan LKPJ tersebut, Pimpinan Sidang rapat Paripurna Hj. Baiq Isvie Rupaeda SH, MH menyampaikan kepada seluruh anggota DPRD NTB yang hadir apakah LKPJ bisa dapat diterima. "Terima,"seru anggota DPRD NTB. 

Pada kesempatan tersebut Isvie tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD NTB. Dan Pada kesempatan itu juga Pimpinan DPRD menyampaikan sejumlah Surat yang masuk yakni Surat pergantian Pimpinan DPRD NTB dari Partai Gerindra dan Surat dari partai Demokrat.