Incinews.net
Selasa, 01 Februari 2022, 18.06 WIB
Last Updated 2022-02-01T10:39:26Z
MataramNTB

Musda DPD KNPI Dirangkaikan Rakornas, Diikuti 89 OKP di NTB dan 27 DPD KNPI Seluruh Indonesia

Foto: Hamroni (Ketua OC), Ketua SC Musda XIII KNPI NTB Arif Rahman dan Sekretaris SC Nasifa saat menggelar Jumpa Pers dengan Sejumlah Media di Sekretariat DPD KNPI NTB Kota Mataram.

insan cita (incinews) Mataram - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan segera melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke XIII.


Kegiatan Musda tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 11 - 13 Februari 2022 di Kota Mataram dan Dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) DPD KNPI Seluruh Indonesia.


Ketua SC Musda ke XIII KNPI NTB, Arif Rahman mengatakan, pendaftaran calon Ketua mulai dibuka pada Rabu 2 Februari hingga 8 Februari 2022.


"Musda DPD KNPI NTB sendiri akan dilaksanakan mulai 11 sampai dengan 13 Februari 2022. Sementara Pendaftaran calon Ketua dimulai tanggal 2 Februari sampai 8 Februari 2022. Ini sesuai hasil keputusan rapat," kata Arif Rahman, Selasa (1/2/ 2022) di Sekretariat KNPI NTB Kota Mataram.


Syarat pendaftaran calon ketua KNPI NTB antara lain pemuda dengan usia maksimal 40 tahun dan pernah aktif di organisasi kepemudaan dan atau KNPI di tingkat Kabupatan dan Kota maupun Provinsi di NTB.


"Pendaftaran sendiri silahkan secara langsung di sekretariat DPD KNPI NTB di Kota Mataram, dan Calonya maksimal 5 Orang minimal mendapatkan 2 dukungan atau Rekomendasi KNPI Kabupaten Kota di NTB serta dukungan sejumlah OKP. Bagi calon yang ingin mendaftar tidak dipungut biaya," ungkap Arif.


Arif juga sampaikan, untuk jumlah peserta sendiri berjumlah 10 orang dari DPD 2 , 1 dari DPP, kemudian dari KNPI NTB. "Dan akan diikuti sebanyak 89 OKP yang mana teman-teman dari NW dan NWDI sudah terwakili dengan jumlahnya 6 orang," sebut Arif.


Ia juga memaparkan, Musda XIII KNPI NTB sedianya dilaksanakan pada April 2020 lalu namun ditunda lagi, kita rencanakan ulang akan dilaksanakan pertengahan 2021, tapi lagi lagi belum bisa berkerumun agak bebas, akhirnya sekarang adalah kesempatan yang terbaik yang paling bagus untuk melaksanakan musyawarah daerah komite nasional pemuda Indonesia NTB 


"Sehingga Karena terkendala pandemi Covid-19 tersebut, kegiatan tertunda dan baru bisa dilaksanakan awal 2022 ini, dan ini adalah kesempatan terbaik.

Dan musda XIII ini juga akan kita laksanakan dengan prokes yang ketat," katanya.


Sementara itu, Ketua OC Hamroni mengatakan, tema yang diangkat dalam Musda XIII KNPI NTB adalah "Pemuda Pembaharuan Membangun NTB".


Tema ini diangkat sebagai motivasi dan penyemangat bagi pemuda dalam kontribusi aktifnya membangun daerah. Terutama di sektor perekonomian pasca pandemi ini.


"Harus diakui pandemi Covid 19 berdampak pada perekonomian di berbagai daerah termasuk NTB. Di sinilah kita dorong peran pemuda. Sehingga ke depan KNPI NTB juga fokus mendukung pengembangan ekonomi kreatif," ujarnya.


Selain itu Hamroni menegaskan, musda kali ini tak sekadar memenuhi kewajiban AD/ART, "tetapi juga upaya regenerasi di tubuh KNPI NTB," terangnya.


Ia juga menambahkan, Musda DPD KNPI NTB kali ini akan dirangkaikan dengan pembukaan Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Pemuda Indonesia di ikuti 27 DPD KNPI. "Tempat sendiri insya Allah akan digelar di Hotel Lombok Raya dan akan dipastikan dihadiri langsung DPP KNPI Noer Fajrieansyah (KNPI Bersatu)," katanya.


Menanggapi hal itu, Ketua KNPI Kabupaten Bima Ferdiansyah Fajar Islam mengungkapkan, Alhamdulillah Musda DPD KNPI NTB segera akan dilaksanakan. 

"infonya baru saya tau tadi, tapi saya sangat mendukung. semoga nanti akan terpilih ketua yang lebih baik lagi kedepannya yang mampu membawa pemuda khusus nya di NTB Lebih baik lagi dan bisa bersinergi dengan pemerintah dalam membangun daerah," ujarnya.


Pria yang akrab disapa Dae Ade ini tidak mempersoalkan informasi pelaksanaan Musda sendiri baru disampaikan hari ini.


"Gak masalah, dan itu kita bisa maklumi bersama mengingat pandemi Covid-19," katanya. (Red/O'im)