Incinews.net
Senin, 17 Januari 2022, 20.36 WIB
Last Updated 2022-01-18T10:08:23Z

Pokdarwis, Masih Menjadi Penentu Kemajuan Pariwisata Desa.

Foto KHusnul Hatimah, S.Hum (Kasubag prog. Dan perencanaan) Dinas Pariwisata Kab. Bima.

Incinews. Net. Kabupaten Bima. Pembangunan desa dapat didorong dengan mewujudkan Desa wisata, melalui gerakan  kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di masing-masing desa. 

"Masih banyak desa yang potensial di daerah kabupaten Bima, hanya saja potensi yang ada perlu digerakan secara serentak", Ungkap Khusnul hatimah M.Hum. Senin, 17/1/2022.

Dinas pariwisata kabupaten Bima lewat kasubag program dan perencanaan, Khusnul hatimah, M. Hum memaparkan, bahwa posisi pokdarwis di masing -masing desa dapat menjadi kelompok pengerak wisata desa. Hasilnya dapat berdampak pada iklim Desa, tercapainya ragam wisata lokal di masing-masing desa, sekaligus hasilnya akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif bagi masyarakat apabila prosesnya dapat ditata dan disinergikan dengan baik.

"Potensi setiap desa seperti agrowisata hutan, agrowisata pantai, agrowisata perkebunan , wisata sejarah hingga wisata kuliner dapat di gerakan dalam kerangka kerja pokdarwis. Setiap Potensi dapat berkembang dan tertata dengan baik lewat rancangan pembangunan desa".

Berikut Ia juga menambahkan, sekarang di kabupaten Bima seperti di desa sangiang, Wawo, hingga bebarapa desa lain  di kabupaten Bima telah terbentuk  pokdarwis sebagai pengerak wisata, dan sekaligus dapat merencanakan banyak agenda yang menarik dan unik seperti yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Ungkapnya (Asa).