Incinews.net
Jumat, 19 November 2021, 09.28 WIB
Last Updated 2021-11-19T09:30:00Z
HMIMataramNTB

Komisariat HMI Pertanian UNRAM, Bangun Komitmen dan Sinergi Dengan Alumni" Wujudkan Komisariat Berkemajuan"

 

Foto : Tamu undangan, jajaran Pengurus Komisariat, Cabang dan alumni.

insan cita (incinews) Mataram - Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) Komisariat Pertanian UNRAM Cabang Mataram sukses  gelar silaturahim Akbar bersama dengan jajaran  Alumni dengan mengusung Tema "Mengokohkan Spirit Perjuangan HMI komisariat Pertanian Universitas Mataram".Kamis, (18/11/2021).

Hal tersebut dilaksanakan sebagai langkah konsolidasi membangun sinergi dan kekuatan antara kader yang masih aktif dan para alumni, untuk kemajuan HMI komisariat Pertanian Universitas Mataram. sekaligus kesempatan dalam membangun tradisi dan promosi Hasil kreatifiatas pengurus dalam bidang interpreuner.

kegiatan yang dihadiri oleh sederetan alumni HMI komisariat Pertanian, yang sebahagian kini telah berkiprah di banyak lini kehidupan mulai dari Akademisi, Birokrat, Politisi hingga entrepreneur.

Kegiatan tersebut dihadiri Dekanat di dua fakultas yang menjadi cakupan administrasi Komisariat, yakni Fakultas Pertanian dan FATEPA serta ketua KAHMI NTB, fungsionaris HMI cabang Mataram, koordinator komisariat UNRAM, dan jajaran ketua komisariat se-Universitas Mataram. 

Acara yang dilaksanakan di gedung Arena Budaya Universitas Mataram ini, selain dilaksanakan secara luring juga dilakasanakan secara daring (zoom meeting) guna memaksimalkan, memfasilitasi alumni dan tamu undangan yang tidak berkesempatan hadir ke lokasi.

Dalam sambutanya Muhammad Hisyam, selaku ketua komisariat Pertanian UNRAM menyampaikan  bahwa ada beberapa hal yang mesti dilakukan dalam membangun kembali kejayaan HMI komisariat Pertanian UNRAM, salah satunya ialah belajar terhadap jejak dan perjuangan para alumni.

 "Sesuai dengan tema yang diangkat pada acara ini, kader HMI harus belajar dan mengambil contoh dari jejak para alumn guna melatih cara  melatih leadership (Kepemimpinan),  mampu belajar memanajemen waktu, dan mengasah kemampuan sosial dari para senior-senior kita" jelas ketua sekaligus mahasiswa agrobisnis ini.

Lanjut ia,  dengan begitulah kita akan mampu mengembalikan kejayaan HMI komisariat Pertanian UNRAM. "Sebagaimana yang telah digapai oleh para senior-senior kita terdahulu,"ungkapnya.

Hal tersebut juga di sambut baik oleh Didi Sumardi, SH. selaku ketua MW KAHMI NTB. Pada kesempatan itu ia menyampaikan bahwa keberadaan para alumni atau senior mesti dimanfaatkan dan dikelola untuk kemajuan komisariat. 

"Cukup banyak alumni-alumni hebat yang dimiliki oleh HMI komisariat Pertanian UNRAM, itu harus mampu dikelola oleh para pengurus dan kader sehingga HMI komisariat Pertanian bisa kembali seperti kebesarannya dulu, atau seperti komisariat-komisariat yang maju hari ini, jangan sampai tidak dimanfaatkan", tegas Didi dalam sambutannya.

Sementara Prof. Dr. Ir. Wiresapta Karyadi, M.Si. dalam sambutannya sebelum membuka acara berpesan agar kader HMI komisariat Pertanian UNRAM menjadikan HMI sebagai wahana untuk pengembangan karakter dan perilaku intelektual muslim yg adaptif, produktif dan inovatif. "Serta membangun kembali komunikasi dengan alumni agar bisa berkontribusi bagi masyarakat,"bebernya.

Setelah melewati proses pembukaan,  kegiatan tersebut kemudian beralih ke acara inti yakni acara sharing session oleh para alumni yang dipimpin langsung oleh kanda Ir. Hadi Irfan Zahidi selaku sesepuh HMI komisariat Pertanian UNRAM.
 
Dalam kesempatan sharing session ini, para alumni dari lintas angkatan bergantian menceritakan pengalamannya sewaktu masih aktif ber-HMI dulu. Tak lupa juga mereka menyampaikan masukan, harapan serta motivasi untuk para kader agar bersungguh-sungguh dalam berproses dan belajar di HMI. 

Selama kegiatan berlangsung, Banyak harapan yang dititipkan oleh para senior, termasuk diantaranya oleh para senior muda yang sangat antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh komisariat.

Salah satu di antaranya Lalu Fauzan Hadi, SP salah satu diantaranya. Dalam kesempatan tersebut juga ia menyampaikan bahwa HMI Komisariat Pertanian Unram harus menjadi ladang persemaian, "lahirnya bibit-bibit baru kader umat dan kader bangsa yang berkualitas,"katanya.

Sementara Sahabuddin, SP ikut menitipkan harapan agar kader dan pengurus komisariat mampu mendinamisir aktivitas komisariat seperti membangun budaya baca, tulis dan diskusi yang inklusif sehingga dapat mendorong terwujudnya tujuan himpunan itu sendiri.

"kekuatan HMI adalah gerakan moral institusi. Jagalah gerakan tersebut tanpa terbawa derasnya arus zaman. HMI tetap harus kokoh dan terdepan dalam perjuangannya dalam memberi warna pembangunan dengan nilai iman untuk beramal soleh yang diridhoi oleh Allah SWT. Dan untuk sampai dalam mewujudkan tujuan tersebut Jalin hubungan dan silaturahmi antar sesama kader, demikian juga dengan para senior dalam himpunan, yang demikian adalah kekuatan terbesar HMI. Semoga apa yang dilakukan dan karya-karya di HMI dapat bernilai ibadah disisi Allah SWT", tutupnya.

Sebelumnya, Acara pembukaan Silaturahmi Akbar dimulai sekitar pukul 10.30 WITA. Pembukaan dimeriahkan oleh penampilan pembacaan  puisi dari salah satu kader komisariat yakni Dinda Karnila.  Kemudian berlanjut sampai acara sharing session dan berakhir sekitar pukul 13.00 Wita berikut dengan Bazzar Buku.

Bazzar Buku dan promosi  sekaligus bazzar produk hasil kreasi HMI wati komisariat Pertanian , yakni Jamur Krispi dan Bubuk Jahe. Dua produk ini akan terus diproduksi dan dijual oleh bidang KPP HMI komisariat Pertanian sebagai sumber ekonomi mandiri dan wadah peningkatan skill kader komisariat dalam dunia entrepreneur. Selain itu juga, buku kumpulan cerpen karya kanda Lalu Fauzan Hadi, SP beserta rekannya yang berjudul "Gema Lebaran" turut dibazarkan dalam kegiatan ini.

Banyak harapan dilontar dari kegiatan tersebut, Hingga Sekitar pukul 13.30 WITA acara bazar ditutup. Dan secara keseluruhan rangkaian kegiatan ditutup dengan sesi  foto bersama alumni dan seluruh kader HMI komisariat pertanian serta tamu undangan. (Red/Asa)