Incinews.net
Rabu, 20 Oktober 2021, 18.43 WIB
Last Updated 2021-10-20T10:45:30Z
BimaNTB

Layani Pasien Tidak Sesuai SOP, PKM Donggo Akan Dilaporkan

Foto: Puskesmas (PKM) Donggo Kabupaten Bima.

insan cita (incinews), Bima: Dinilai buruk, pelayanan kesehatan Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Puskesmas (PKM) Donggo Kabupaten Bima tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Bukti pelayanan yang tidak sesuai SOP itu di perlakukan terhadap pasien, Mukmin (60) asal Desa Doridungga, Sabtu (9/10/2021).

Pasien tersebut diketahui alami luka parah, akibat tersirat Parang waktu membersihkan lahan jagung. Beberapa hari pasca perawatan dari PKM justru keadaan pasien tidak kunjung membaik atau sembuh.

"Keadaan pasien makin buruk, terjadi pendarahan dan dilarikan ke RSUD Bima. Dugaan kami pelayanan PKM diluar SOP,"beber Ketua KNPI Donggo, Syaiful Islam mewakili Keluarga pasien, Rabu (20/10/2021).

Kata Syaiful, dilarikan ke RSUD Bima, Selasa (19/10/2021) pasien atas nama Mukmin dari konfirmasi pihak dokter bahwa dugaan pelayanan diluar SOP itu dibenarkan pihak RSUD Bima.  Adanya kelalaian pegawai PKM di Donggo dalam melaksanakan tugas.


"Pasien alami kekurangan darah yang luarbiasa akibat dari faktor pendarahan setiap hari semenjak jahitan luka pasien secara semrawut oleh pihak PKM donggo, terpaksa harus dilakukan  operasi berat,"ucapnya.

Sementara sisi lain, pihaknya telah menyampaikan kejadian ini ke kepala PKM Donggo agar bertanggung jawab atas kelalaian pelayanan yang dilakukan pegawainya. Namun, disayangi tidak direspon positif.

"Soal ini kami atas nama keluarga tidak akan diam diri. karna ini kasus yang luar biasa, kami akan segera lapor ke pihak yang berwajib atas kelalaian yang hampir menghilangkan nyawa keluarga kami,"tegasnya.

Dikonfirmasi Kepala PKM Donggo, Sri Hartati adanya pelayanan diluar dugaannya, dia menyampaikan ucapan maaf adanya kelalai tersebut. (Red/Ar)