Desa Bala Wera Menyimpan Keindahan Alam -->

Iklan 970x250px

Desa Bala Wera Menyimpan Keindahan Alam

Incinews.net
Sabtu, 03 Juli 2021

 


Bima,Incinews,net- Desa Bala Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, memiliki “Oi Nca Tongga” yang menjadi sumber kekayaan alam menawarkan keindahan serta menghidupkan.

 

Hal tersebut di ketahui setelah kunjungan bersama dengan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bala Muhdar S.Pd dan beberapa anggota  masyarakat yang juga ikut bersama mengujungi pusat mata air Oi Nca Tongga, pada beberapa waktu yang lalu.

 


Mengunjungi kawasan, Oi Nca Tongga bisa berjalan kaki dan berkendara dengan roda 2 atau roda 4. Aset wisata Desa bagi masyarakat setempat dan Bima pada umum nya ini sudah sejak lama di tata, hanya saja perlu penataan lebih lanjut dalam memaksimalkan keindahan potensi nya.

 

Akses jalan yang melewati lintasan pemukiman masyarakat, dan ragam kesibukan masyarakat yang melaksanakan aktifitas pertanian dan perkebunan( tanaman kacang dan bawah merah) dapat di saksikan sepanjang jalan menuju kawasan wisata alam, Oi nca Tongga, mata  setiap pengujung juga di manjakan oleh pemandangan agrowisata persawahan yang tampak tersusun serta berwarna hijau dan masih bersifat alami.

 

Muhdar selaku ketua BPD menjelaskan bahwa aset yang di miliki oleh desa Bala  mempunyai fungsi yang sangat penting bagi perkembangan pertanian dan ekonomi masyarakat di Desa Bala dan Desa sekitar, ujarnya.

 

“ Oi Nca Tongga juga sering di kunjungi oleh peminat wisata dari desa lain di kabupaten Bima”, Katanya.

 


Dalam proses penataan jalan sampai penataan Agrowisata alam Oi Nca Tongga telah banyak penataan dari kondisi sebelum nya, jelas Muhdar.

 

Dikatan Muhdar, untuk penataan  dan pengembangan lebih lanjut untuk ke depan perlu ada usaha-usaha sadar pihak terkait , jalan dan penataan berkelanjutan perlu di maksimalkan guna memenuhi kenyamanan pengunjung,  yang berkendara sampai ke titik air terjun dengan nyaman selama menikmati perjalan menuju air terjun Oi" Nca Tongga" Tutup nya.(Asa).