Incinews.net
Jumat, 02 Juli 2021, 22.13 WIB
Last Updated 2021-07-02T14:34:52Z
KampusLombok BaratNTBUnram

Besok, Pelantikan PP IKA Unram Digelar di Aruna Senggigi, Prof. Asikin: Setelah Puluhan Tahun Baru Kali Ini Saya Merasa Memiliki



Foto: Prof. Zainal Asikin Selaku Dewan Pembina IKA, Ketua Umum PP IKA Unram Hj. Baiq Isvie Rupaida, Sekjen Lalu Aksar Ansori dan Ketua Bidang Pengembangan Masyarakat H. Lalu Pelita

MEDia insan cita, Lombok Barat:  Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Mataram ( PP IKA Unram) akan menggelar pelantikan pengurus periode 2021-2025. Selain pelantikan, juga digelar rapat kerja nasional (Rakernas).

Pelantikan dan rakernas akan digelar di Hotel Aruna Senggigi, Sabtu, 3 Juli 2021, mulai pukul 08.00 Wita.

Sekjen PP IKA Unram, Lalu Aksar Ansori, menjelaskan proses pelantikan besok dapat dilaksanakan setelah melalui proses panjang.

"Setelah Munas dan telah menghasilkan ketua umum secara musyawarah mufakat tanpa voting, Ketua umum menjadi formatur tunggal menyusun kepengurusan. Sehingga kita bisa melaksanakan pelantikan dan rakernas besok," ujarnya dalam konferensi pers di Aruna Senggigi, Jumat (2/6/2021)

Sejumlah pihak akan hadir dalam acara besok. Mulai dari Gubernur NTB, Rektor Unram dan beberapa undangan lainnya.

"Kegiatan ini kami hajatkan melibatkan banyak pihak. Insyaallah Pak Rektor, Pak Gubernur, Himpunan Ikatan Alumni Perguruan Negeri seluruh Indonesia akan memberikan sambutan melalui rekaman video," kata Aksar Ansori.

Selain itu, acara besok juga akan dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara IKA Unram dan Bank NTB Syariah. 

"Besok akan ada penandatanganan MoU antara IKA Unram dan Bank NTB Syariah dengan harapan kita bersinergi terhadap apa saja yang bermanfaat," jelasnya.

Sementara, Ketua Umum PP IKA Unram, Hj. Baiq Isvie Rupaida, SH, MH, mengatakan rakernas dan pelantikan nanti akan memprioritaskan protokol kesehatan COVID-19. Kata Isvie Paling penting taati protokol kesehatan sebagai bentuk  mendukung kegiatan untuk tetap junjung tinggi protokol Covid.

"Rakernas insyaallah besok berjalan lancar. Usai pelantikan, kita akan menggelar rakernas dan akan tuntas juga pada esok hari," katanya.

"IKA akan menaati prokes Covid-19 baik dalam acara rakernas maupun pelantikan," ujar Isvie.

Soal Program, Isvi mengatakan diacara Rakernas sendiri, banyak program Ika akan Dibahas termaksud masukan alumni, Dan dapat dikerjakan Kedepan untuk memberikan yang terbaik, baik untuk IKA,  Kampus Unram dan Kemajuan Daerah NTB dan Negri ini.

Baiq Isvie juga menyinggung rencana untuk membangun Kantor Sekretariat IKA Unram. Ditargetkan, akan rampung dalam 2 tahun mendatang.

Uniknya, nanti akan dilombakan desain kantor sekretariat IKA Unram. Lomba berhadiah tersebut akan menjadi menarik dengan sejumlah hadiah menarik.

"Apa yang saya sampaikan dalam salah satu misi membangun gedung secara representatif. Dua tahun kemudian akan dibangun. Kita sedang mencari lokasi, juga desainnya akan dilombakan," paparnya.

Kantor Sekretariat IKA Unram akan semakin representatif dengan menghadirkan tempat untuk UMKM dan juga aktivis mahasiswa Unram. Nantinya sekretariat akan terbuka untuk para aktivis mahasiswa.

"Lomba desain kantor sekretariat IKA Unram. Di sana ada tempat UMKM, termasuk aktivis kampus. Kita ingin rumah bersama difungsikan. Sekarang sementara masih kita pakai rumah tinggal," katanya.

Pembina IKA Unram, Prof. Zainal Asikin, merasa bangga dengan Pengurus IKA Unram saat ini. Ia merasakan di periode ini baru dapat merasakan atmosfer IKA Unram yang begitu semangat.

Prof Asikin berharap IKA Unram menjadi rumah besar bagi seluruh alumni. 

"Saya berharap IKA menjadi rumah besar bagi alumni. Kita merasa memiliki alumni yang selama puluhan tahun saya merasa belum memiliki IKA. Sekarang baru saya rasakan ketika organisasi ini dikelola secara profesional," katanya.

Prof. Asikin mengatakan baru mendengar adanya rakernas IKA Unram di periode saat ini. Dia mengaku bangga dengan Pengurus IKA Unram saat ini.

"Baru sekarang saya mendengar ada rakernas. Baru sekarang saya menyaksikan begitu gairahnya rumah besar bagi alumni," ujarnya.

Guru Besar Unram ini juga berharap alumni Unram di luar negeri dapat memberikan kontribusi untuk IKA Unram. "Semoga alumni yang berada di luar negeri juga bisa berkontribusi untuk IKA Unram," tuturnya. (Red/O'im)