Relawan SDGs Desa Sondo, Dilatih Hasilkan Data Akurat -->

Iklan 970x250px

Relawan SDGs Desa Sondo, Dilatih Hasilkan Data Akurat

Incinews.net
Jumat, 11 Juni 2021

 



Bima,Incinews,Net- Pemerintah Desa Sondo, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Provinsi NTB,  menggelar bimbingan teknis Pokja Pendataan SDGs  yang dipusatkan di Kantor Desa pada Rabu Pagi, (09/06/2021)

 

SDGs atau sustainable development goals yang merupakan Program Prioritas Kementrian Desa untuk pembangunan Desa berkelanjutan dari Tahun 2021-2030.

 

Kepala Desa Sondo dalam sambutanya mengatakan, bahwa kegiatan pendataan dan bimbingan teknis Pendataan SDGs ini dimaksudkan sebagai bagian dari tahapan untuk pembekalan dan pelatihan keterampilan bagi Tim Relawan Pokja SDGs sebelum menjalankan tugasnya, untuk mengisi kuesioner di lapangan ungkap Sirajudin H.Abas.

 

Dia menitipkan harapan kepada Tim yang melakukan Pendataan untuk bekerja secara Profesional sehingga melahirkan data yang akurat.

 

Sementara itu, Abdolah S.Pd selaku Pendamping Desa menambahkan bahwa SDGs adalah program Prioritas Kementerian Desa sesuai Instruksi Presiden. Hal ini menurutnya sesuai dengan Permendesa PDTT Nomor 21/2020 tentang pendataan SDGs Desa yang akan dilaksanakan dengan metode sensus partisipatoris.

 

"Adapun Survey yang dilakukan yakni Survey Desa, Survey RT, Survey KK hingga Survey Individu. Dana untuk operasional kegiatannya harus didanai dari Dana Desa dengan tujuan untuk melihat kondisi riil masyarakat.

 

Harapannya tentu saja, agar Desa memiliki data yang valid dan akurat, sebab dari data SDGs inilah sebagai rujukan pengisian IDM online" Terang Abdolah, S.Pd selaku Pemateri.

 

Sedangkan Ketua BPD Desa Sondo Muhammad menyebutkan, siap mendukung apapun program Pemerintah Desa maupun Pusat dan berpesan agar Pemerintah Desa dapat memperhatikan dan mempertimbangkan kembali alokasi dana terkait Kebutuhan Pendataan oleh Tim Relawan SDGs, mulai dari belanja kebutuhan Paket Online, Makan minum serta honorarium tim Pokja selama menjalankan tugas di lapangan.

 

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Perangkat Desa, Ketua BPD, Babinsa,Babinkantibmas Pendamping Desa serta Lembaga Desa yang menjadi Tim Relawan Pokja meliputi Ketua RT/RW dan Karang Taruna Perwakilan Pemuda sekaligus Tim Relawan Pokja SDGs (Nas)