Dinda-Dahlan, Hadiri Kerjasama Program Six In One -->

Iklan 970x250px

Dinda-Dahlan, Hadiri Kerjasama Program Six In One

Incinews.net
Sabtu, 29 Mei 2021


Bima,Incinews,Net- Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE,  menghadiri Penandatanganan MoU Program Six In One, antara Kemenag Kabupaten Bima dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima, di Dusun Rangga, Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Jumat (28/5/2021).

 

Program Six in One adalah salah satu program unggulan Kemenag NTB, selain program inovatif lainnya yang digagas oleh H.M. Zaidi Abdad sejak dilantik menjadi Kakanwil Kemenag NTB, seperti Gerakan Jambu Mekar, PTSP berbasis Web dan lain-lain. Program Six in One adalah program pemberian 6  jenis kartu / buku dalam satu peristiwa pernikahan. 

 

 

Jika selama ini dalam setiap peristiwa pernikahan calon pengantin hanya menerima satu buah kartu/ buku yakni buku nikah saja, maka mulai saat ini setiap kali ada peristiwa pernikahan yang baru  maka akan diberikan 6 buah kartu / buku, yaitu : 1. Buku Nikah, 2. Kartu Nikah, 3. Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) baru, 4. Kartu Keluarga ( KK ), 5. Buku Pedoman Keluarga Sakinah, 6. Kartu Kerja bagi yang belum bekerja .

 

Bupati Umi Dinda mengaku program MoU Six In One dengan Kemenag ini, baru dilaksanakan oleh tiga Kabupaten dan Kota di NTB.

 

Hari ini, Kabupaten Bima begitu istimewa. Karena, bersamaan dengan akad nikah Sekdes Samili. Semoga bisa diikuti  masyarakat lainya.

 

Bupati berharap ini dapat diimplementasikan dalam setiap kegiatan akad nikah.

 

Karena selain buku nikah, juga diserahkan KTP dan KK yang sudah terpisah dari KK induk atau KK orang tua.

 

"Jadi, ini bukan hanya penyerahan suatu dokumen. Tetapi dimaknai sebagai suatu babak baru, dalam menjalankan bahtera rumah tangga. Ini menjadi pengikat antara yang satu dengan yang lain,"ujar Bupati.

 

Dijelaskan Umi Dinda, tentunya dalam bertugas melayani  masyarakat harus saling mendukung. 

 

Sekdes dalam menjalankan tugasnya, terus bermitra dengan Kades dan seluruh aparat desa.

 

Kemudian khusus bagi program yang dirancang oleh Kementerian Agama dan Dukcapil.

 

Bupati Umi Dinda mengajak masyarakat, dapat memanfaat program kemìtraan antara Pemerintah dengan Kemenag ini.

 

Pemerintah telah memberikan segala kemudahan bagi masyarakat. Dan jika ada musibah bisa dicarikan solusinya

 

Selain dihadiri Bupati, MoU dua Institusi Pemerintah tersebut  juga dihadiri Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan HM Noer, dan Kemenag Kabupaten Bima Drs. H A. Munir, Sekretaris Dikbudpora Drs. Abdul Salam Gani, M.Pd, Kadis Dukcapil Drs. H Salahuddin, Camat Woha Muh. Irfan DJ beserta Sekcam Woha. (Asa).