Jaring Ratusan Peserta, Event West Sumbawa Surfing 2021 Sukses Digelar -->

Iklan 970x250px

Jaring Ratusan Peserta, Event West Sumbawa Surfing 2021 Sukses Digelar

Rabu, 10 Februari 2021
Foto: Para Juara dan Panitia.

MEDia insan cita, Sumbawa: Dalam event West Sumbawa 2021 Surfing panitia dan PSOI NTB telah berhasil menjaring sedikitnya ratusan peserta untuk keseluruhan divisi yang berasal dari Sumbawa-Lombok. Peserta terdiri dari berbagai tingkat keahlian mulai dari pemula sampai profesional.

Hari terakhir kompetisi yaitu tanggal 7 Februari 2021, ditutup dengan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang dengan total senilai puluhan juta rupiah. Total ada 8 orang pemenang dari Kabupaten Dompu 5 orang, Kabupaten Lombok Tengah 2 orang dan Kabupaten Sumbawa Barat 1 orang. Pemenang U-16 Divisions 4 orang pemenang dari Open Division 4 orang yaitu, Lucky (PSOI Dompu), Rajo (PSOI Dompu), Supratno (PSOI KSB), Dani (PSOI Loteng), Open Division Govinda (PSOI Dompu), Jeren kiring (PSOI Loteng), Syahril R (PSOI Dompu) dan Armansyah(PSOI Dompu.

Selain hadiah dalam bentuk uang tunai, Event West Sumbawa Surfing 2021 juga memberikan hadiah berupa parang hasil karya pengrajin lokal Sumbawa Barat.
Sumbawa, Surfing sebagai olah raga prestasi dibawah naungan KONI dan Olah raga surfing sebagai sport tourism untuk mempromosikan dan memajukan dunia kepariwisataan, khususnya daerah pesisir sebagai wisata bahari di wilayah NTB umumnya, dan Sumbawa Barat pada khususnya.

West Sumbawa Wavefest 2021 adalah 1 dari 4 seri rangkaian kegiatan kejuaraan surfing Tingkat NTB, yang berlabel NTB Series 2021. Seri berikutnya akan diselenggarakan di Lakey Dompu, Bangko-bangko Sekotong Lombok Barat, dan Kuta Mandalika Lombok Tengah.

West Sumbawa Wavefest 2021 mempertandingkan 2 divisi, yaitu: Divisi 16 tahun ke bawah (U-16 Division) dan Open Division

Tujuan dari pelaksanaan event ini, untuk menjadi ajang seleksi atlet daerah NTB sehingga kedepannya dapat membawa nama daerah NTB ke kancah nasional, maupun international. Selain itu sebagai ajang perkenalan dan promosi spot surfing baru lewat para pelaku akar rumput kepariwisataan di kantong kantong keramaian tourist di Lombok Utara, Lombok Selatan/Kuta Mandalika, dan Lakey Peak Dompu.

Ketua Harian PSOI NTB, Cahyo Karyadi mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, karena acara kompetisi ini dapat berlangsung dengan lancar sampai dengan hari terakhir tanpa kendala yang berarti dan tanpa adanya kecelakaan yang terjadi saat kompetisi berlangsung.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar Zero accident, zero problem dan ucapan terimakasih dari panitia PSOI NTB,  semua pihak, antara yakni Pemda KSB, KONI NTB, KONI KSB, pihak keamanan dari Polres KSB dan Kodim KSB, dua Desa tempat penyelenggaraan, yaitu Desa Pasir Putih dan Desa Sekongkang Bawah, terutama kepada pihak sponsor utama PT Amman Mineral Nusa Tenggara,"ujarnya, melalui siaran tertulisnya, Selasa (9/2/2021)

Cahyo berharap PT AMNT dan PSOI NTB bisa terus berkolaborasi dalam menyelenggarakan event-event surfing di NTB.

Sementara  pihak sponsor management PT Amman Mineral Nusa Tenggara dalam sambutannya mengatakan, akan terus berkomitmen mengembangkan kepariwisataan di KSB, dan kegiatan sosial lainnya yang bertujuan mengembangkan potensi daerah KSB di bidang pariwisata, "khususnya di-segmen surfing atau selancar ombak," kata Dimas Purnama selaku manager community development selaku perwakilan PT AMNT.

Selain itu, kedepan pihak management PT AMNT akan terus mendukung promosi dan pengembangan kegiatan kepariwisataan khususnya di segmenn surfing.

“Intinya, kita dukung dan terus kita support,” tutup Dimas.

Dalam kejuaraan tersebut, panitia menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik terhadap peserta, official, maupun penonton. Semua yang berada di area lomba wajib memakai masker, dan menjaga jarak.