Incinews.net
Kamis, 14 Januari 2021, 01.52 WIB
Last Updated 2021-01-13T21:36:36Z
MataramNTB

Hari ini, Gubernur dan Wakil Gubernur NTB di Vaksin

Foto: Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyan dan Wakil Gubernur, Sitti Rohmi Djalilah.

MEDia insan cita, Mataram: Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyan dan Wakil Gubernur, Sitti Rohmi Djalilah, akan menerima vaksinasi covid-19 pada Kamis, 14 Januari 2021 di Gedung Graha Bakti Kantor Gubernur NTB. Vaksinasi tersebut juga akan diikuti oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga dari perwakilan  organisasi profesi.

Gubernur NTB menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut dan  khawatir terhadap keamanan dan kehalalan vaksin covid-19. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak terprovokasi oleh isue negatif atau hoax tentang vaksin yang selama ini banyak beredar.

“Yakinlah bahwa pemerintah tidak mungkin akan mencelakakan masyarakatnya,” himbau Gubernur.

Gubernur menjelaskan, mutu dan kemanan vaksin covid 19 tidak perlu diragukan lagi karena sudah melalui tahapan fase uji klinis tahap 1, 2 dan 3. Terlebih  BPOM sudah mengeluarkan ijin penggunaan darurat (emergency use authorization) dan juga dari  MUI sudah mengeluarkan fatwa no.2 /2021 tahun terkait kehalalan dari vaksin covid 19.

Vaksinasi tahap I diberikan kepada para tenaga kesehatan dan petugas yang bekerja difasilitas kesehatan, karena mendapatkan resiko tertular virus covid-19 yang lebih besar. Tahap berikutnya akan diberikan kepada para petugas pelayanan publik, yaitu petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat seperti; TNI, Polri, petugas bandara, pelabuhan, stasiun, dll. Dilanjutkan dengan kelompok resiko tinggi lainnya, yaitu merupakan kelompok usia produktif dan berkontribusi pada sektor perekonomian termasuk pendidikan.

Gubernur menekankan, dengan vaksinasi tidak berarti protokol kesehatan diremehkan; masyarakat tetap harus melaksanakan 3 m (pakai masker, tetap mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak) serta petugas kesehatan tetap melaksanakan 3 t (testing, tracing dan treatment).

“Semoga dengan vaksinasi ini kita dapat terbebas dari pandemi covid 19 dan kita dukung vaksinasi covid 19. Ayo lindungi diri dan keluarga dari covid 19 . Kesehatan pulih ekonomi bangkit,” harap Gubernur.

Dimasa pandemi saat ini vaksin sangat berguna untuk melindungi diri dari  covid-19 dan merupakan  ikhtiar kita untuk menciptakan herd immunity/ kekebalan bersama. Vaksin ibarat payung yang melindungi kita dari hujan. Semakin banyak dari kita yang memakai payung, maka semakin banyaklah yang terlindungi. (Red/O'im)