Incinews.net
Selasa, 17 November 2020, 20.21 WIB
Last Updated 2020-11-17T12:22:41Z
MataramNTBPilkada

Pilkada Siap Digelar, Bawaslu Kota Mataram Lantik 725 PTPS

Foto: Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) hari ini resmi dilantik oleh Panwaslu Kecamatan se Kota Mataram. 

Kota Mataram, incinews.net: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)725 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) hari ini resmi dilantik oleh Panwaslu Kecamatan seKota Mataram. Pelantikan yang dilaksanakan secara serentak di masing masing kecamatan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan protokol Covid 19. Sebagai upaya pencegahan Covid 19. (16/11/2020) selain penggunaan masker, mengukur suhu tubuh dan menggunakan hand sinitizer teknis pelantikan dibagi menjadi 3 sesi.

Muhammad Yusril, S.AB.,M.AB selaku kordiv SDM Organisasi dan Data Informasi menyampaikan bahwa, di Kota Mataram sendiri pelantikan terbagi menjadi 2 sampai 3 kali sesi pelantikan, bergantung pada jumlah PTPS. 
Maksimal jumlah peserta pelantikan di setiap sesinya adalah 50 orang.

“Misalnya di kecamatan Cakranegara, di sana jumlah PTPS nya sebanyak 116 orang, karena jumlahnya banyak, maka di dibagi menjadi 3 sesi. Ada juga yang di Kecamatan Sekarbela, yang jumlah PTPS nya 95 orang nah dia terbagi menjadi 2 sesi saja.” Ungkap Yusril, menjelaskan.  

Selain pelantikan giat tersebut juga dirangkaikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Tupoksi PTPS pada saat pungut hitung.  Yusril mengatakan bahwa tugas PTPS pada Pilkada kali ini menjadi berat, karena selain mengawasi proses tahapan Pungut Hitung. PTPS juga harus mengawasi aspek lain yakni aspek kesehatan dan keselamatan dengan memastikan protokol kesehatan diterapkan saat Pungut Hitung berlangsung nantinya.

“Walau berat tetap kerjakanlah pekerjaan ini dengan ihlas.” Harapnya.

Ia menegaskan bahwa Pilkada akan baik, apabila instrument penyelenggaranya baik. Salah satu penyelenggara itu adalah PTPS sebagai wujud pengawasan saat pungut hitung. Oleh karena itu PTPS harus memiliki integritas.

“Menjadi PTPS itu adalah tugas mulia. Karena, ujung tombak dari pengawasan nanti ada pada Pengawas TPS.” Tutur Yusril mengakhiri komentarnya. (Red-O'im)