Karena Covid-19, Politeknik Medica Farma Husada Mataram Gelar Ospek Secara Online -->

Iklan 970x250px

Karena Covid-19, Politeknik Medica Farma Husada Mataram Gelar Ospek Secara Online

Kamis, 10 September 2020
Foto: Politeknik Medica Farma Husada Mataram Pertama kalinya Ospek dilakukan secara Online (Daring) (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Akibat adanya pandemi COVID-19 di Indonesia, seluruh kegiatan di beberapa aspek kehidupan dilaksanakan melalui daring atau secara online. Termasuk salah satunya dalam bidang pendidikan, dimana seluruh kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah masing-masing melalui sistem online. Hal inipun juga merembes pada kegiatan lain seperti misalnya kegiatan orientasi mahasiswa baru atau yang lebih dikenal dengan istilah “ospek”. Istilah ospek sendiri pada Kampus Politeknik Medica Farma Husada dikenal dengan nama FONSTER atau Forming Of The New Students Character yang diadakan secara online.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Medica Farma Husada Mataram ini untuk mengajak para mahasiswa baru lebih merasakan kebersamaan antara mahasiswa baru dengan seniornya maupun dengan kampus. Kami pihak penyelenggara berusaha membimbing mahasiswa baru untuk menggali potensi diri, mewujudkan karakter sebagai mahasiswa yang menjunjung tinggi rasa kebersamaan.


Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari sejak tanggal 22 Agustus sampai dengan 27 Agustus 2020, dengan dua hari kegiatan pra-FONSTER dan 4 hari kegiatan inti FONSTER yang diikuti oleh 80 mahasiswa baru dengan penuh antusias. Mengenai bentuk dari kegiatan FONSTER secara daring ini, pemberian materi dilakukan dengan metode ceramah atau metode webinar dengan memanfaatkan media kreatif/teknologi informasi yang familiar dengan generasi milenial seperti zoom meeting, instagram maupun group whatsapp.
 
Direktur Politeknik Medica Farma Husada Mataram, sebutkan, mari kita sambut  mahasiswa baru dengan penuh semangat dan bahagia. Ia katakan Kegiatan ospek ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, baik berkenaan dengan sejarah kampus, macam-macam kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif, para pimpinan perguruan tinggi, dosen, staff dan lain-lainnya, oleh karena itulah ospek bagi mahasiswa baru merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan di perguruan tinggi. 

"Jika dalam kegiatan ospek biasanya, mahasiswa akan diajak berkeliling oleh pihak panitia untuk mengenal kampus. Namun berbeda dengan ospek yang dilaksanakan secara online, dimana pengenalan kampus akan dilakukan melalui video yang ditayangkan oleh panitia,"sebut Dr Syamsuriansyah, M.M., M.Kes, Rabu (9/9/2020) kemarin kepada media ini. Ia menyampaikan materi mengenai Pengenalan sistem pendidikan tinggi dan Perguruan tinggi di era new normal. 

Selain itu, kegiatan di isi dengan beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri-pemateri yang handal dalam bidangnya, diantaranya adalah materi kewirausahaan dan peluang mahasiswa berwirausah, Kesadaran Lingkungan Hidup dan kesiapsiagaan bencana di perguruan tinggi, Pengenalan karya ilmiah dan Plagiarisme, Pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, norma kehidupan kampus dan Pencegahan pelecehan seksual dikampus, Pembentukan karakter mahasiswa. 

"Pengenalan konsep green kampus, zero waste dan aplikasi dalam kehidupan kampus dan masih ada beberapa kegiatan lainnya," paparnya. 

Kata Pria kelahiran Desa Dena Madapangga Bima ini, Melalui materi-materi yang telah disampaikan tersebut, pelaksanaan OSPEK diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental. "Yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui OSPEK mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global," tutupnya. (red)