Incinews.net
Sabtu, 26 September 2020, 16.57 WIB
Last Updated 2020-09-26T09:02:49Z
DompuNTB

Edukasi Masyarakat, Indek Dompu Tepis Konflik Sosial Lewat Dialog

Foto: Lembaga Indek Dompu yang merupakan lembaga riset pengembangan konsulting dan advokasi kebijakan pembangunan di Kabupaten Dompu menggelar dialog publik. (ist/SA)

Dompu, incinews.net: Lembaga Indek Dompu yang merupakan lembaga riset pengembangan konsulting dan advokasi kebijakan pembangunan di Kabupaten Dompu menggelar dialog publik dengan tema penggalangan dan pemetaan terhadap kelompok kepentingan guna antisipasi kearwanan dalam upaya mencegah konflik sosial di kabupaten Dompu.

Hadir sebagai narasumber Kapolres Dompu, Nahdatul ulama Dompu dan Camat kilo yang bertemat Di Aula Desa Kiwu Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, Sabtu, (26/9/2020).

Ketua INDEK Dompu, Ardiansyah mengatakan guna antisipasi ada upaya kelompok lain memanfaatkan dan melakukan gerakan-gerakan lebih mengarah merusak harmonisasi sosial di sekitar masyarakat

"Ini menjadi salah satu tugas rumah kita semua agar mampu memberikan edukasi pencegahan konflik sosial di kabupaten Dompu," terang Ardiansyah.

Menurutnya, terutama kalangan orang tua supaya memberikan edukasi yang baik bagi anak di tambah Dompu sangat kritis tindakan kriminal di kalangan muda mudi, pembacokan, panah memanah dan lain-lain apalagi saat sekarang menjelang Pilkada di Dompu, diduga akan mencuat isu-isu mengarah ke provokasi, Anggapannya juga setiap konflik yang terjadi jangan melakukan hal yang anarkis lebih lebih baik menyerahkan pada penegak hukum .

"Yah memang harmonisasi sosial harus kita jaga bersama di tatanan sosial, ini tanggung jawab kita bersama terutama kalangan orang tua agar mengawasi anaknya jangan hanya melimpahkan pada aparat yang menjaganya, saat ini juga Dompu masuk musim pilbub mari kita jaga bersama agar arah demokrasi lebih bermartabat dan berfaedah" ungkapnya.

"Dalam prosentase kehidupan sehari-hari ukhuwah islamiah harus di. Utamakan, " lanjutnya.

Dalam paparan Narasumber Bapak Muslihin mewakili Kapolres Dompu dia menyampaikan sangat penting bagi kita semua menjaga stabilitas politik saat sekarang ini, Untuk melakukan hal tersebut dia mewanti-wanti jangan mudah terprovokasi oleh para pakar provokatif.

"Dalam hal kami selaku keamanan mewanti-wanti jangan mudah terprovokasi oleh para pakar provokatif". Ujarnya

Di kesempatan yang sama Perwakilan Muda nahdatul ulama Eko Permadi SE dan Camat kilo pak Hata berkeinginan muda mudi mampu memberikan kontribusi terhadap lingkungan di sekitar, Terutama kegiatan positif yang signifikan terhadap lingkungan.

"Ini perlu dilakukan muda-mudi sejak awal kontribusi terhadap lingkungan" Ujar Eko .

"Seharusnya kegiatan positif perlu diperhatikan oleh pemerintah Agar arah keinginan anak muda  tersalurkan secraa signifikan" Imbuh pak Hata.

Kegiatan dialog ini  yang di ikuti utusan dari kemahasiswaan dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Dompu dengan hikmahnya acara tersebut membuat peserta dialog menyimak dengan seksama materi yang di paparkan narasumber. (red)