Ketua Bawaslu : Ingatkan Jajaran Pengawas Bekali Diri dan Jaga Integritas -->

Iklan 970x250px

Ketua Bawaslu : Ingatkan Jajaran Pengawas Bekali Diri dan Jaga Integritas

Kamis, 16 Juli 2020

Bima,Incinews.Net- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pengawasan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, Kamis (16/7/2020), di Aula Hotel Kalaki Beach. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H., menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memantapkan kesiapan Panwascam dan PKD dalam mengawasi proses pencoklitan data pemilih yang akan dilaksanakan oleh penyelanggara tekhnis di tingkat kecamatan dan desa.

Ia berharap, agar Panwascam dan staf Panwascam yang mengikuti kegiatan tersebut dapat meneruskan hasil Rakernis itu ke jajarannya untuk kemudian melakukan pembekalan peningkatan kapasitas terhadap Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). “ Saya harap, agar hasil pertemuan ini sesegera mungkin disampaikan kepada staf panwascam yang tidak hadir, kemudian berikan pembekalan kepada PKD agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar di lapangan,” tegasnya.
Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. Saat Menyampaikan Materi dalam Momen Rakor Persiapan Pengawasan Coklit Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020

Pengawas Pilkada, terangnya, selain harus memiliki kesiapan mental, fisik, juga harus memahami regulasi secara komprehensif, yakni UU Pilkada, Perbawaslu, PKPU, serta UU lainnya yang berhubungan dengan Pilkada harus dipahami semua. “Kita sebagai pengawas Pilkada harus memiliki kesiapan diri yang matang dalam mengawasi setiap tahapan yang akan dilaksanakan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020 ini,” urainya.

Karena itu, lanjutnya, setiap pengawas harus memahami tentang eksistensi diri sebagai pengawas dengan terus membekali diri dengan pengetahuan serta kemampuan komunikasi yang baik dan benar dengan para pihak. “Bekali diri dengan pengetahuan yang memadai untuk melakukan tugas pengawasan yang melekat terhadap setiap tahapan Pilbup dan Pilwabup Bima 2020, dan jaga integritas diri sebagai pengawas,” pungkasnya, menegaskan. (Red)