Dispora Resmikan PAUD Al Fairus Bolo, Ketua Lembaga Etikus Endang: Wadah Cetak Generasi Bima -->

Iklan 970x250px

Dispora Resmikan PAUD Al Fairus Bolo, Ketua Lembaga Etikus Endang: Wadah Cetak Generasi Bima

Kamis, 23 Juli 2020
Foto: Ketua Yayasan, Kepala Sekolah beserta Jajaran Guru Pengajar PAUD Al Fairus Bolo. (ist/O'im)

Bima, incinews.net: Bertempat di Desa Bolo Kecematan Madapangga Tokoh Agama, tokoh Masyarakat, Pengawas Pauddikmas Madapangga, Kepala Desa, Orang tua Calon Peserta PAUD di madapangga ikut menghadiri hari yang bersejarah bagi dunia pendidikan di Kabupaten Bima. Pada tanggal 22 Juli 2020 itu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Al Fairus Bolo telah diresmikan oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten.

Kepala Dinas Dikbupora Kabupaten Bima, sampaikan, hari ini adalah satu peristiwa yang kelak akan menjadi awal cerita bagi anak bangsa, bahwa mendidik anak manusia itu adalah amaliah yang luar biasa. "Hari ini siapapun yang mefasilitasi, siapun megadakannya hari ini tuhan sudah mencatatnya sebagai amaliah, yang kel jatuhnya sebagai amal jariah," kata Drs Zunaiddin MM

Saya bersyukur dan berterimakasih, sambung ia, kepada saudari kita yang punyak inisiatif membangun suatu tempat proses pembelajaran ini, yang kelak akan menjadi cerita besar bagi anak bangsa krtik 20-30 tahun yang akan datang.

Bicara mendidik ini, lewat PAUD inilah, awal anak-anak kita mengenal siapa ibunya, siapa gurunya, dimana lingkunganya dan mulai bercita-cita. "Coba saja tidak ada lembaga seperti ini, diumur-umur kita tidak kenal apa-apa, bahkan mungkin kita keluarpun tidak memakai apa-apa," ungkapnya. 

Sehinga, kata Zunaiddin, Tidak mudah untuk merubah, perlu kesabaran, ketabahan, karena tidak mudah mendidik anak-anak.

Ketua Yayasan Al Fairus  Bolo Etikus Endang S, Pd.

Pada kesempatan itu, Ia juga meminta kepada KASI PAUD apa yang diadakan dikantor agar PAUD ini dibantu, sehingga disitulah negara hadir dan Dinas Hadir. 

Selain itu, adanya Bangunan PAUD ini tidak hanya untuk mendapatkan anggaran saja, tapi disatu sisi kadang kala Anak didik tidak ada. "Jangan membuat  sesuatu alat yang memberatkan kita ketika kita dihisap oleh Allah SWT dihari kelak,"katanya.

 "Siapa yang melakukan ini sebagai amal jariah. Kalo ini dikerjakan dengan ihlas pahalanya berkali-kali lipat,"tambahnya.


Diakhir sambutannya, Zunaiddin berpesan untuk Bekerjalah secara benar, berilah laporan secara betul, jalani tugasnya dengan tulus ihlas. Maka itulah kelak akan menjadi amal jariah. 

"Jangan menambah dan jangan mengurangi. Satu saja anak bangsa yang dikelola dan yang di proses pembelajarinya disini tidak ada apa-apa, tidak ada masalah tetap saya akan bantu, tetapi jangan yang satu jadi sepuluh, jangan yang sepuluh jadi seratus," ujarnya.

"Insya Allah kalo PAUD ini berjalan dengan baik kita siap membantu. Negara itu tidak boleh melakukan hukum ekonomi pada proses pembelajaran. Bagi negara itu hancur lebur, ketika anak bangsa tidak lagi melakukan proses pembelajaran,"tutupnya.

Kepala Pengawas Pauddikmas Madapangga Sarfia SE katakan, Kami bangga dengan berdirinya PAUD ini, bahwa kami yang menaungi ini tidak punyak otak memperalat dan memanfaatkan PAUD untuk hal-hal yang tidak baik.

"saya mengajak kita semua agar rasa persaudaraan kita ditengah masyarakat dan antar PAUD agar selalu kompak, kerena sudah menjadi bagian dalam mempersipakan generasi bangsa dan negara kita kedepan," katanya.

Sementara, Ketua Lembagan PAUD Al Fairus Bolo Etikus Endang S.pd mengucapkan terima kasih atas dukungan dalam membangun Gedung PAUD di Desa Bolo ini, ia mengatakan bahwa ini semua merupakan hasil dari kerja keras bersama keluarga dan masyarakat sekitar yang bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa di Kabupaten Bima lebih khusus putra-putri kita di Desa Bolo.

Ia katakan, Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum masuk ke pendidikan dasar (SD) yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, "ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal," katanya, kamis (23/7/2020)

Pada kesempatan tersebut, ia tegaskan,  keberadaan PAUD ini menjadi bagian dalam mempersiapkan calon penerus pembangunan di Kabupaten Bima.

Ia juga menghimbau agar para orang tua agar untuk terus mendorong anak-anak untuk belajar mulai dari usia dini dan sekiranya memasukkan anak-anak mereka ke PAUD sebelum memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Ia berharap agar bangunan gedung ini bisa saya dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendidik dan memberikan nilai-nilai luhur, budi pekerti yang baik sehingga anak-anak dapat bertumbuh berkembang menjadi anak yang soleh dan soleha serta taat kepada guru dan menaruh hormat kepada orang tua.

“Ini merupakan wadah para generasi penerus yang akan mengantarkan Kabupaten Bima menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan anak-anak dengan kualitas karakter yang baik.” Katanya

Diakhir sambutannya, Etikus Endang mengajak kepada masyarakat Kecamatan Madapangga, terkhusus desa Bolo agar dapat menjaga silaturahmi dan jangan sampai mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

”Mari kita jaga erat-erat tali persaudaraan ini dan bersama-sama menyatukan langkah dan pikiran untuk membangun Kabupaten Bima menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Kapala yayasan Mendampingi Kadis Dispora menandatangani prasasti dan memotong pita tanda diresmikannya PAUD Terpadu Al fairus Bolo. (red)