Pemdes Mangge Asi Salurkan BLT Untuk 252 Warga Terdampak Covid-19 -->

Iklan 970x250px

Pemdes Mangge Asi Salurkan BLT Untuk 252 Warga Terdampak Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020
Foto: Proses penyaluruan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak COVID-19 yang bersumber dari Dana Desa (DD) Mangge Asi bagi 252 warga atau kepala keluarga  (Azw)

Dompu, incinews.net: Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak COVID-19 yang bersumber dari Dana Desa (DD) kini mulai disalurkan oleh pemerintah desa di Kabupaten Dompu. Hal itupun juga dilakukan pemerintah desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu.

Sebanyak 252 warga atau kepala keluarga (KK) penerima manfaat menerima BLT DD di kantor desa setempat untuk bulan pertama, bulan April berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu, Kamis (28/05/2020) pagi.

Sesuai peraturan menteri keuangan RI nomor 50/PMK.07.2020 tentang perubahan kedua atas peraturan menteri keuangan nomor 205/PKM.07.2019 tentang pengelolaan Dana Desa bahwa, besaran BLT Desa sebesar Rp 600 ribu untuk bulan pertama sampai dengan bulan ketiga per kepala keluarga penerima manfaat.

Penyaluran BLT Desa ini juga dikawal Kepala DPMPD Dompu, Haeruddin SH.

Sementara untuk bulan keempat sampai dengan bulan keenam, per kepala keluarga penerima manfaat, menerima Rp 300 ribu secara tunai. Penyaluran perdana BLT DD tersebut dilakukan pemerintah desa Mangge Asi secara terbuka dan transparan. 

Selain disaksikan warga, juga dikawal oleh Kepala DPMPD Dompu, Haeruddin SH, Camat Dompu, Abdurahman, S.Sos., Pendamping Lokal Desa, Abdul Gani, S.Pd, Ketua dan anggota BPD, Babinsa serta Babinkamtibmas desa setempat dengan memperhatikan protokol penanganan dan pencegahan COVID-19, mencuci tangan dan wajib memakai masker.

Camat Dompu, Abdurahman S.Sos., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Pemdes Mangge Asi yang telah menyalurkan semua bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi hingga daerah kepada masyarakat.

"Bantuan ini bukan untuk membeli pakaian baru, tetapi untuk membeli kebutuhan hidup selama dirumah di musim pendemi COVID-19. Tidak perlu berkumpul-kumpul, hindari keluar rumah jika tidak penting, cuci tangan dan pakai masker," ujar Camat Dompu, Abdurahman S.Sos., saat membuka acara penyaluran BLT Desa tersebut.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Mangge Asi, Kabupaten Dompu, Suhadi. Katanya, penerima manfaat BLT Desa tersebut dipastikan tepat sasaran. Sebab, data atau nama-nama penerima manfaat telah dilakukan verifikasi faktual secara ketat dan disetujui bersama oleh BPD setempat. 

Katanya, semua warga mendapat bantuan selama pendemi COVID-19. Dari 1051 jumlah kepala keluarga (KK) se desa Mangge Asi, sebanyak 252 KK mendapatkan program BLT Desa Mangge Asi dan 30 KK mendapatkan bantuan program Dompu Terpijar.

Selain itu, ada 159 KK mendapatkan bantuan program JPS Gemilang dari Pemerintah Provinsi NTB. Sebanyak 484 KK mendapatkan bantuan program PKH dan BPNT serta ada 123 KK menerima program BST Pusat.

Ia berharap agar masyarakat penerima BLT Desa ini dapat memanfaatkan uang tunai sebesar Rp 600 ribu tersebut untuk membeli kebutuhan hidup seperti sembako dan kebutuhan lainya selama pendemi COVID-19. 

"Jadi, sebesar Rp 151.200 juta dua ratus kita salurkan untuk 252 penerima manfaat BLD DD untuk tahap pertama," kata Kepala Desa Mangge Asi, Suhadi. (Azw)