Virus Corona, Rektor Unram: Kuliah Tatap Muka Ditiadakan Hingga Tunda Wisuda -->

Iklan 970x250px

Virus Corona, Rektor Unram: Kuliah Tatap Muka Ditiadakan Hingga Tunda Wisuda

Senin, 16 Maret 2020
Foto: Rektor Unram Prof. Dr H. Lalu Husni, SH,.M.,Hum. (O'im)

Mataram, incinews.net: Kampus ternama di Provinsi Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Universitas Mataram (Unram) untuk sementara meniadakan kuliah tatap muka hingga Jadwal wisuda periode I ( kamis 26 maret 2020) ditunda dan sejumlah aktifitas lainya dibatasi untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

Hal itu tertuang dalam surat edaran Rektor Unram Prof.Dr H. Lalu Husni, SH, M.Hum tertanggal 15 Maret 2020 dengan nomor 1468/UN.18/HK/2020 tetang "Antisipasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Universitas Mataram,".

Itu juga dilakukan Menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 3 tahun 2020 tetang pencegahan Corona virus Disease (COVID-19) pada satuan pendidikan Jo No.35492/A.A5/HK/2020 tetang pecegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), hasil rapat terbatas dan rapat khusus pimpinan daerah bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi NTB tanggal 15 maret 2020 dan rapat Pimpinan Universitas Mataram 15 maret 2020 maka Pimpinan Universitas Mataram menetapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran inveksi Covid-19 dilingkungan Universitas Mataram sebagai berikut: 

"Terhitung sejak hari senin 16 maret sampai dengan hari jum'at 27 maret 2020"

1. Kegiatan perkuliahan asistensi/bimbingan tatap muka ditiadakan dan diganti dengan perkuliahan asistensi/bimbingan dalam jaringan (daring-online) berbagai platform komunikasi (imail, medos lainya) dan/atau tugas mandiri.

2. Kegiatan Praktikum (laboratorium dan lapangan) agar dilakukan penjadwalan ulang atau diganti dengan metode lain.

3. Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan pengumpulan data dan aktifitas bersama masyarakat agar dilakukan penjadwalan ulang.

4. Dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan agar menunda dan menjadwal ulang berbagai kegiatan yang melibatkan dan menimbulkan kerumumanan banyak orang. 

5. Dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan agar menunda dan menjadwal ulang perjalanan kedalam dan luar Negeri. Pimpinan Fakultas/lembaga agar koordinasi dengan perguruan tinggi/lembaga mitra untuk mencari penyelesaian yang sebaik-baiknya atas segala konsekuensi akademik dan administratif dari penundaan tersebut.

6. Wisuda priode I (kamis 26 maret 2020) ditunda pelaksanaanya sampai dengan  waktu yang belum ditentukan/ menunggu pengumuman berikutnya. ijazah dan transkrip nilai serta sertifikat dapat diambil dimasing-masing fakultas mulai hari senin 30 maret 2020.

7. Dosen dan tenaga kependidikan agar hadir setiap hari kerja di kampus dan mengisi daftar hadir.

8. Dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan yang memiliki salah satu keluhan seperti demam dan/atau pilek, batuk dan radang tenggorokan agar segera memeriksakan diri ke dokter/rumah sakit dan beristirahat dirumah masing-masing.

9. Semua unit kerja agar melengkapi fasilitas sarana dan prasarana kantor dan perkuliahan dengan perlengkapan perlindungan diri dari dampak penularan Covid-19 seperti fasilitas hand Sanitizer, disinfektan dan lain-lain yang dibutuhkan.


"Selain hal-hal tersebut diatas, kegiatan kampus tetap berjalan seperti biasa sambil menunggu perkembangan lebih lanjut terkait penyebaran infeksi Covid-19," Kata rektor Unram Prof.Dr H. Lalu Husni, SH, M.Hum. (red)