Incinews.net
Senin, 30 Maret 2020, 14.11 WIB
Last Updated 2020-03-30T22:42:41Z
HeadlinePendidikan

Selamat, Prof. Enny Jadi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Kampus Unram

Foto: Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si. dilantik sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram, Periode Antar Waktu Tahun 2018-2022 di ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram. (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Selamat Kepada wakil Rektor Baru Kampus Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si. sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram, Periode Antar Waktu Tahun 2018-2022 dilantik di ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram oleh Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum melantik, Jumat (27/3) lalu.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum mengawali sambutannya dengan menyampaikan selamat atas amanah sebagai Wakil Rektor III. Ia Mengatakan, Seperti diketahui, WR III sebelumnya yakni Prof. Dr. Muhammad Natsir, SH., M.Hum wafat karena serangan jantung pada 11 Februari lalu.

"Mengingat tugas dalam mengurus mahasiswa dan alumni sangat banyak dan urgen, saya harus mempercepat penjaringan bakal calon WR III untuk menggantikan almarhum Guru Besar Ilmu Hukum tersebut," ungkap Prof Lalu Husni.

Proses penjaringan itu telah mengantarkan mantan Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan itu sebagai calon yang memenuhi kualifikasi dan layak untuk menjabat posisi WR III.

“Saya yakin Ibu akan dapat melaksanakan tugas ini dengan baik lebih-lebih dengan pengalaman sebagai Wakil Rektor II sehingga akan semakin mudah melakukan kordinasi dengan Waki Rektor, Dekan/Wakil Dekan III” harap Prof.Husni.

Prof. Husni mengharapkan agar program kemahasiswaan kedepan bisa berorientasi pada prestasi baik pada level regional, nasional maupun internasional.

“Karena itulah pembinaan kompetisi kompetisi secara berjenjang bisa dilakukan khususnya pada event-event yang diselenggarakan oleh Kementerian” jelasnya.

Selain itu Prof. Husni juga mengingatkan untuk melakukan tracer study bagi alumni yang tamat dua tahun terakhir, sehingga bisa mengetahui masa tunggu dan mengetahui kepuasan pengguna khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan kompetensi selama kuliah di Unram.

“Saat ini sudah ada aplikasi untuk keperluan tracer study, tinggal dikordinasikan dengan UPT Pustik dan UPT Pembinaan Karir” serunya.

Rektor Unram ke-9 itu juga berpesan kepada Prof. Enny agar melibatkan alumni yang sudah lama, untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam memajukan lembaga melalui pemikiran/ide maupun materi.

Menyambut seruan dari Prof. Husni, Prof. Enny saat dimintai keterangan usai pelantikan mengatakan, dirinya akan berupaya untuk meningkatkan pelayanan kemahasiswaan, menyiapkan pasar kerja bagi alumni serta berupaya optimal memaksimalkan peran alumni bagi almamater.

“Selain peningkatan prestasi kemahasiswaan, yang menjadi pokok juga adalah peningkatan kesejahteraan, bagaimana agar jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa menjadi lebih banyak” paparnya.

Dirinya berharap mampu menyiapkan link dengan BUMN bagi mahasiswa agar beasiswa yang berasal dari CSR BUMN bisa diterima secara optimal oleh mereka.

“Selain itu yang menjadi indikator juga adalah jumlah mahasiswa yang berwirausaha, karena itu menjadi salah satu kriteria prestasi mahasiswa” urainya.
“Kedepan juga kita akan berupaya untuk membuka ikatan alumni di daerah-daerah agar tidak di NTB saja” pungkasnya. (red)