Incinews.net
Sabtu, 21 Maret 2020, 02.04 WIB
Last Updated 2020-03-20T22:14:31Z
HeadlineHukumKesehatan

Polda NTB Akan Tindak Tegas Pelaku Penyebar Hoax Tetang Virus Corona

Foto: Kabidhumas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K., M.Si. (ist/O'im)


Mataram, incinews.net: Polda NTB ingatkan netizen tidak sebar hoax tentang virus corona. Netizen diminta untuk tidak membuat atau membagikan dan menyebar informasi  atau berita yang belum jelas kebenarannya.

“Pihak Kepolisian akan segera menindak tegas pelaku hoax tersebut sesuai aturan dan prosedur yang ada,” ujar Kabidhumas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K., M.Si (19/3/2020).

Kabidhumas Polda NTB menghimbau kepada seluruh netizen untuk lebih cermat dalam menerima informasi, apalagi yang berkaitan dengan kabar virus corona, jangan langsung latah ikut menyebarkan tanpa tahu kepastian dan fakta dari informasi tersebut.

“Isu corona saat sekarang ini sangat sensitif sekali, jadi sedikit apapun yang dikabarkan tentang corona, akan dimakan mentah-mentah oleh banyak orang, jadi saran kami kepada netizen agar lebih bijak dalam bermedia sosial,” tutur Artanto.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Artanto, bahwa pada beberapa waktu yang lalu telah beredar hoax mengenai kabar yang tersebar luas di media sosial facebook terkait seorang pria asal Montong Balok, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, yang positif terjangkit virus Corona atau Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19).

“Setelah kita telusuri, ternyata ada orang yang dengan sengaja mengambil foto dari beberapa sumber, kemudian diunggah ke laman facebooknya dan membuat seolah-olah kabar itu benar,” terangnya.

Dari hasil penelusuran di media sosial, tim cyber troops Polda NTB menindaklanjutinya dengan mengajukan laporan permohonan kepada facebook untuk menghapus unggahan dalam bentuk status akun perorangan.

“Status unggahan itu sudah ditake down oleh tim cyber troops, foto-foto dan informasi dalam statusnya sudah dihapus, tapi hanya status itu saja, untuk akunnya masih aktif,” ujar Artanto

Terkait dengan perkembangan isu virus corona yang menyebar luas di media sosial, tim cyber troops Polda NTB terus melakukan pemantauan, pihaknya akan menelusuri kebenaran dari setiap isu yang beredar di media sosial.

“Memang penting untuk dilakukan cek dan ricek, tapi masyarakat tidak perlu panik dengan isu yang menyebar di media sosial, karena kita dari kepolisian akan terus memonitor setiap isu tentang virus corona ini dengan mengandalkan tim cyber troops,” tutup Artanto. (red)