Incinews.net
Sabtu, 14 Maret 2020, 18.44 WIB
Last Updated 2020-03-14T16:06:01Z
HeadlineSosial

Peran PKK di NTB Sangat Dibutuhkan Untuk Mencegah Wabah Virus Corona

Foto: Ketua TP PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati.,M.Sc Saat Mencium Tangan Bapak Gubernur NTB Dr.H. Zulkieflimansya. (ist/O'im)

Lombok Tengah, incinews.net: Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah menerangkan bahwa wabah virus Corona yang sekarang ini tengah menggemparkan dunia diindikasi telah masuk ke Indonesia.

"Diharapkan Peran PKK dalam memberikan edukasi terhadap keluarga sangatlah penting untuk menghadapi masalah ini," katanya saat membuka acara Jambore dan HKG PKK di Mandalika, Jumat (13/3/2020). Dalam acara tersebut, Gubernur NTB meminta PKK NTB berpartisipasi dalam pencegahan wabah virus Corona agar tidak sampai ke NTB.


NTB ini bukan satu provinsi yang khawatir berlebihan terhadap virus ini, mudah-mudahan di ajang ini, bukan panik bukan takut, "tapi kita harus mengantisipasi dengan penuh kehati-hatian dan kewaspadaan," terangnya.

Salah satu alasan dimintanya PKK menjadi salah satu instrumen pencegahan wabah virus ini karena PKK adalah kelompok yang sangat dekat dengan keluarga dan masyarakat sehingga mampu melakukan sosialisasi secara intensif.

"Setiap pimpinan PKK sepulang dari jambore ini, kembali menularkan semangat optimisme untuk hidup sehat, tetap berolahraga, mengecek semua warga kita sehingga semua siap ketika kalau virus itu, ada yang menyapa warga kita, kita tidak panik tapi sangat siap memberikan penyembuhan," jelasnya.

Bang Zul, sapaan akrabnya menambahkan bahwa jika hal yang terburuk terjadi, maka NTB bersama kabupaten/kota hingga tingkat desa siap mengahadapi itu. Ia meminta agar PKK melakukan simulasi pencegahan dalam jambore ini.

Selain itu, Bang Zul juga meminta kepada PKK agar terus berperan aktif dalam segala program-program yang ada di pemerintah.

"Selain membuka acara ini, kami juga meminta tolong, karena menurut kami, banyak program-program berat di NTB ini tidak mungkin akan terlaksana tanpa campur tangan dan bantuan dari ibu-ibu PKK," tutur Bang Zul.

Orang nomor satu di NTB ini bahkan mengatakan, PKK merupakan salah satu penentu maju atau tidaknya daerah ini.

Ketua TP PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati.,M.Sc dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan PKK Provinsi NTB dengan PKK Pusat telah sejalan.

"Pesan dari Ketua Umum PKK Pusat yaitu kegiatan PKK harus dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat dan harus memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, hal itu telah dilakukan oleh PKK Provinsi NTB," ujarnya.

Ia berharap langkah-langkah PKK ini dapat membantu Pemerintah Provinsi untuk mewujudkan cita-citanya menjadi NTB Gemilang. 

"Rasa bangga dan bahagianya karena telah menandatangani kesepakatan bersama dengan  tiga belas ormas perempuan yang ada di provinsi ini untuk melancarkan program revitalisasi dasawisma,"tutupnya. (red)