Incinews.net
Jumat, 13 Maret 2020, 17.13 WIB
Last Updated 2020-03-13T14:35:17Z
HeadlineOrganisasi

Debat Kandidat Calon Ketum PB PMII di Unram Disaksikan Ribuan Kader PMII di NTB

Foto: Acara Pembukaan. (O'im)

Mataram, incinews.net: Debat kandidat Calon Ketua umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) dan Ketua Pengurus Besar Koprs PMII Putri (PB KOPRI) Dihadiri ribuan kader di NTB.

Bertempat di gedung Dome Universitas Mataram dipadati hingga tidak ada tempat duduk bagi para tamu undangan. (12/3/2020)

Dari dua puluh calon PB PMII dan PB KOPRI yang hadir hanya delapan belas orang. Terdiri dari tiga KOPRI dan 15 calon PB PMII dan orang tidak hadir.

Ketua PKC PMII Bali Nusra selaku tuan rumah debat kandidat, Aziz Muslim, berterimakasih kepada Badan Pekerja Kongres (BPK) dan para kader PMII yang telah mensukseskan acara. 

" Terimakasih kepada BPK (Badan Pekerja Kongres) yang telah memilih NTB sebagai tuan rumah debat kandidat. Terimakasih kepada para tamu undangan dan para sahabat PMII yang telah ikut mensukseskan acara debat kandidat ini" tandasnya.


Ketua Badan Pekerja Kongres, Fitrah mengatakan bahwa debat yang dilaksanakan di Mataram merupakan debat yang ketiga dan masih ada tiga titik lokasi debat lagi. "Debat hari ini adalah debat yang ke 3, sebelumnya di banjarmasin. Yang ketiga kita laksanakan di Mataram Nusa Tenggara Barat. Dan ada tiga tempat laun untuk menunjukkan 6 titik lokasi debat kandidat bagi calon ketua Umum PB PMII dan Ketua PB KOPRI " ungkapnya.

Dari 305 Cabang, Mataram dipilih sebagai lokasi debat untuk titik ketiga dengan tema "Relasi PMII dan External". BPK menilai bahwa tidak salah Mataram dipilih sebagai lokasi debat.

"Sekitar 305 Cabang yang ada kita verifikasi dan pilih untuk menjadi tempat debat kandiat, dari BPK menjaring tempat yang layak dijadikan lokasi debat kandidat. Tidak salah kami memilih kota mataram sebagai lokasi debat kandidat" ungkap Fitra.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB PMII, Sabolah Al Kelambi menyinggung soal pemerataan kaderisasi, selama kepemimpinan Agus M Herlambang telah melaksanakan delapan puluh lima .

"Sudah kita lakukan kepengurusan kita untuk pemerataan kaderisasi, lebih dari 85 kali diadakan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) dari aceh hingga papua. Kami bangga kepada PKC PMII Bali Nusra karena ketua pkc telah melaksanakan PKL hingga tiga kali." Tandasnya.

"Kalau mau melihat wajah PMII sepuluh hingga 20 tahun kedepan, maka rekayasa yang kita lakukan adalah hari ini. Orientasi sahabat PMII adalah" lanjutnya.

Putra terbaik Lombok ini mengucapkan banyak terimakasih telah memilih Mataram menjadi debat kandidat. "Agenda debat kandidat ini kami ucapkan terimakasih kepada Ketua BPK, kemudian acara debat kandidat ini adalah kepingin kita dari PB PMII supaya euphoria kongres tidak hanya dirasakan oleh segelintir orang saja. Tapi kongres ini harus dirasakan oleh kader kita di seluruh indonesia." Terangnya.

Pengurus Besar Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKA PMII), Hajjah Wartiah, mengatakan sangat bangga menjadi PMII, karena PMII telah membawanya menjadi Anggota DPR RI. 

"Saya bangga jadi PMII karena pmii tempat saya belajar berorganisasi dengan baik, tiga kali nyalon DPRD alhamdulillah lolos, satu kali nyalon DPR RI juga lolos. " ucapnya.

Ia mengatakan bahwa PMII di NTB lebih maju dari yang dulu, pada waktunya menjadi Ketua Cabang KOPRI Cabang Mataram, PMII belum besar di UNRAM namun sekarang sudah bisa mencetak sejarah karena debat kandidat bisa terlaksana di UNRAM.

"Hari ini saya sangat bangga melihat perkembangan PMII di NTB, dulu PMII masuk UNRAM sangat sulit tapi hari ini sebagai sejarah bahwa debat kandidat PB PMII dilaksanakan di UNRAM. Ini debat kandidat rasa kongres saking serunya ." Jelasnya.

Berikut nama-nama kandidat calon Ketum PB PMII masa khidmat 2020-2022, sesuai dengan nomor urut yang telah ditetapkan :
  1. Muhammad Syarif Hidayatullah
  2. Zulfahmy Wahab
  3. Muhammad Ramli Jauhari
  4. Muhammad Abdullah Syukri
  5. Davida Ruston Khusen
  6. Defi Mulyadi
  7. Daud Azhari
  8. Ahmad Riyadi Sadrin Leky
  9. Muhammad Rafsanjani
  10. Ahmad Latif
  11. Joni Satriawan
  12. Husin Rianda
  13. Muh Sufyan Hadi
  14. Kaharuddin
  15. Faikar Romdlon
  16. Anwar Aziz
  17. Satria Efendi.
Untuk calon Ketua Umum Kopri PB PMII:
  1. Maya Muizatil Lutfillah
  2. Aida Mardatillah
  3. Apriyanti Marwah.
(red)