Incinews.net
Kamis, 26 Maret 2020, 08.33 WIB
Last Updated 2020-03-27T00:39:02Z
HeadlineKesehatanNTB

Alhamdulillah, Suami istri Pasien Positif Corona di Lombok Membaik

Foto: Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi. (O'im)


Mataram, incinews.netVirus Corona telah menjadi perhatian serius Dunia wabil khusus masyarakat kita indonesia. Makin hari jumlah korban yang terjangkit bertambah dan tidak sedikit yang sembuh dari virus ini.

NTB yang sempat dihebohkan karena rakyatnya sudah ada dua orang yang positif,  memicu ketakutan dan kepanikan ditengah masyarakat kita. Tapi perlu di ingat bahwa pasien yang merupapakan suami istri asal lombok timur ini dikabarkan sekarang  sudah membaik.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi, menyebutkan bahwa kondisi kedua orang positif itu dalam keadaan baik.

“Insya Allah, (kondisi dua orang positif) semakin membaik. Mari kita bersama mendoakan mereka,” ujarnya, rabu 25 maret 2020.

Perempuan yang kerap disapa Dokter Eka itu, mengungkapkan bahwa saat ini kedua suami dan istri positif COVID-19 sedang menjalani perawatan intensif di RSUP NTB.

Perawatan terhadap mereka, sambungnya, dilakukan sesuai SOP (standard operational procedure) penanganan pasien positif COVID-19.

“Yang bersangkutan terjangkit pada saat mengikuti acara di Jakarta dan mereka sudah dirawat sejak tanggal 17 Maret 2020,” terang Dokter Eka.

Dokter Eka memberikan pemahaman kepada masyarakat luas. Orang yang dinyatakan positif, bukan berarti tidak dapat disembuhkan.

“Positif bukan berarti tidak bisa sembuh, artinya bukan akhir dari segalanya. Untuk penanganan lebih lanjut, petugas (kesehatan) kita sedang melakukan tracking kontak,” kata Dokter Eka.

“Itu, untuk mengetahui orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien dan selanjutnya dilakukan penanganan dan pemeriksaan,” imbuhnya.

Meski demikian, ia tak lupa juga mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan tidak mesti panik secara berlebihan.

Ia juga meminta agar masyarakat dapat menghindari keramaian dan tetap terus saling mengingatkan.

Pemerintah, dalam hal ini, terus memberikan himbauan dengan beberapa anjuran. Di antaranya dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Kemudian mengkonsumsi makanan maupun minuman yang sehat. Serta giat berolahrga. Termasuk menjaga jarak dan kontak langsung.

Hal tersebut, kata Dokter Eka, adalah beberapa upaya pemerintah dalam menyikapi persoalan ini. Terlebih dalam memutus mata rantai penyenabaran maupun penuralaran COVID-19.

“Mari kita bersama terus meningkatkan kewaspadaan, diam saja dulu dirumah dan tetap tenang. Yang paling penting, mari ikuti anjuran pemerintah demi kebaikan kita bersama,” demikian dr Nurhandini Eka Dewi. (red)