Pilkada 2020 ada 270 Lokasi di Indonesia, 7 Wilayah di NTB, Kapolda Tekankan Netralitas Polri -->

Iklan 970x250px

Pilkada 2020 ada 270 Lokasi di Indonesia, 7 Wilayah di NTB, Kapolda Tekankan Netralitas Polri

Incinews.net
Selasa, 18 Februari 2020
Foto: Kapolda NTB  Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Kapolda NTB  Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si menekankan netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 yang mulai dihelat pertengahan tahun ini dan akan dilaksanakan di 270 lokasi di Indonesia, tujuh di antaranya berada di wilayah NTB.

Hal ini disampaikan Kapolda dalam Amanatnya saat memimpin Upacara Bulanan di Lapangan Gajahmada Polda NTB, Senin (17/02) kepada seluruh peserta upacara.

“Netralitas adalah awal suatu kekuatan untuk bisa mengamankan kegiatan tersebut. Kalau kita tidak netral maka permasalahan akan muncul dan tidak dapat kita hindari. Saya tegaskan untuk selalu menjaga netralitas,” ungkap Kapolda NTB.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si, juga mengingatkan  dalam pengamanan Pilkada serentak Polri harus menjaga netralitas serta mengacu pada SOP dalam melaksanakan pengamanan, menjunjung tinggi netralitas dan integritas polri, mengikuti mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan.

Kapolda NTB Mengungkapkan dalam pelaksanaan pilkada serentak,  Polri harus  bersinergi dengan TNI dan juga Instansi terkait agar terselenggara  Pilkada yang aman, lancar, dan kondusif dengan Perencanaan Operasi tahunan  (Operasi mantap praja 2020).

Polri juga harus meningkatkan Profesionalitas, Soliditas dan Sinergitas sebagai kekuatan mendasar dalam mengamankan dan menjaga keutuhan NKRI.

“Dalam pelaksanaanya juga kita harus bersinergi dengan TNI serta Instansi terkait dalam hal ini KPU dan BAWASLU, dengan merencanakan operasi tahunan (Operasi  Mantap Praja 2020), untuk terselenggaranya Pilkada yang aman, lancar dan kondusif," ungkap Kapolda NTB Irjen Pol Drs.Tomsi Tohir M.Si.

Kapolda NTB diakhir amanat juga mengingatkan beberapa hal yang perlu dipedomani dalam pelaksanaan tugas dan peningkatan kemampuan teknis anggota Polri serta menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya, karena menurut hasil survey Polri menduduki urutan nomor 2 setelah TNI dalam tingkat kepercayaan publik.

“Hal yang harus kita pedomani dalam pelaksanaan tugas dengan cara  meningkatkan iman dan takwa terhadap Ridho Tuhan Yang Maha ESA, mengurangi pelanggaran yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat, mari kita tunjukkan tampilan Polri yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta kita harus jaga kepercayaan masyarakat sebaik-baiknya," jelas Kapolda NTB

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si  juga mengingatkan Mengenai agenda Nasional yang akan dihadapi oleh Polda NTB, diantaranya pengamanan kontigen peserta PON ke XX tahun 2020, yang akan dilaksankan  di Papua, pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan di tujuh wilayah Provinsi NTB, serta rencana kegiatan program pemerintah yang berkaitan dengan Mandalika. (inc)