Tanggulangi Bencana, BPBD Dompu Bentuk Tim Reaksi Cepat -->

Iklan 970x250px

Tanggulangi Bencana, BPBD Dompu Bentuk Tim Reaksi Cepat

Kamis, 23 Januari 2020
Kepala BPBD Kabupaten Dompu, M. Jufri, ST., M.Si.

Dompu,incinews.net - Upaya mengurangi resiko dan mengidentifikasi awal penanganan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu dalam waktu dekat akan segera membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) mulai dari tingkat Kecamatan hingga ditingkat desa/kelurahan.

Kepala BPBD Kabupaten Dompu, M. Jufri, ST., M.Si., menyatakan, bahwa TRC yang dibentuk nantinya mempunyai tugas untuk mengidentifikasi awal cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan serta menyusun saran yang tepat dalam upaya penanganan bencana baik yang terjadi ditingkat desa maupun kelurahan.

"Secepatnya tim reaksi cepat (TRC) penanganan bencana akan segara dibentuk dengan jumlah anggota 7 hingga 8 orang per desa dan kelurahan," ucap Kepala BPBD Dompu, M. Jufri ST., M.Si., Kamis (23/01/2020).

Katanya, Kabupaten Dompu dihadapkan dengan adanya dampak bencana seperti gempa bumi, banjir bandang, tanah longsor dan angin pitung beliung.

"Kita tidak bisa memprediksikan datangnya gempa bumi. Adanya TRC ini kedepan diharapkan dapat membantu kami memberikan informasi awal kaitan dengan tempat, jumlah dan kebutuhan korban dampak bencana" terangnya. (inc)