Politeknik MFH Mataram Melakukan KKN Internasional Bersama Mahasiswa PICOMS Malaysia

Iklan 970x250px

Politeknik MFH Mataram Melakukan KKN Internasional Bersama Mahasiswa PICOMS Malaysia

Friday, January 10, 2020

Mataram, Incinews.Net- Program Pengembangan Pengabdian kepada Masyarakat Desa (P3MD) atau yang lebih dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) dan menjadi suatu hal yang biasa dilakukan oleh mahasiswa di setiap Perguruan Tinggi di Indonesia. 

Kegiatan ini juga rutin dilaksanakan oleh mahasiswa Politeknik MFH setiap tahunnya. Tahun ini menjadi tahun pelaksanaan P3MD yang berbeda untuk Politeknik Medica Farma Husada Mataram karena pada tahun ini Politeknik MFH menggandeng Picoms International University College Malaysia. 

Salah satu mahasiswa di Picoms Malaysia Hisyam Hafezuddin Bin Shuhaimi menerangkan, Kami dari Malaysia selain kerjasama pertukaran pelajar dengan Indonesia yakni Kampus Politeknik Medika Farma Husada Mataram kami juga memiliki Program PENGMAS (pengabdian kepada masyarakat) dalam rangkaian program pengembangan pengabdian kepada masyarakat desa (P3MD).

"Kami datang ke Indonesia ingin belajar, dengan menggandeng Kampus Politeknik MFH mataram NTB,"sebut Hisyam.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan yaitu Workshop pembuatan teh herbal, Workshop pembuatan sabun cuci piring, Penyuluhan DAGUSIBU (Dapatkan Gunakan Simpan dan Buang) obat-obatan dengan benar, penyuluhan BPJS Kesehatan dan aksi lingkungan seperti penanaman pohon dan sosialisasi pemilahan sampah.

"Kami banyak belajar dan memiliki pengalaman baru, semoga hal ini bisa kami aplikasikan untuk masyarakat di Malaysia. Karena kegiatan Pengabdian Masyarakat yang betul-betul blend-in seperti ini belum pernah kami temui di Malaysia" ungkapnya. 

Selain itu, ia menambahkan, sejumlah kegiatan yang dilakukan direspon baik oleh masyarakat di NTB itu dan kami diterima dengan sangat baik, lagi sangat menyenangkan. “Sangat menyenangkan bisa melaksanakan kegiatan di Mataram dan Lombok Barat NTB, karena dapat melihat dan belajar banyak tentang budaya dan masyarakatnya," sebutnya.

Wadir Direktur II (dua) Kampus Politeknik MFH Mataram mengatakan, Kampus Politeknik MFH Mataram telah menjalin kerjasama luar negeri dengan sejumlah negara di kawasan Asia seperti Malaysia, Filipina, Thailand dan lainnya. Beberapa tahun kemarin Politeknik MFH telah mengirim sejumlah mahasiswa untuk belajar di Malaysia. 

"kemarin mahasiswa kita yang belajar kesana, sekarang mereka belajar dengan  kami, dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi MoU yang telah ditandatangani oleh Politeknik MFH  Mataram dengan Picoms International University College Malaysia beberapa waktu lalu" kata Reni Chairunnisah, S.KM, M.Kes, Jum'at (10/1/2019).

Dijelaskan, Program Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat Desa (P3MD) bertaraf internasional ini sebagai ajang untuk terus meningkatkan sumberdaya mahasiswa kami, karna memang Visi dari Politeknik MFH yaitu "Unggul dan Inovatif" dan salah satu wujudnya adalah menjadi kampus yang mampu Go International. 

"Iya, kita udah mulai melakukan hal itu baik pertukaran pelajar, Pengmas internasional (pengabdian kepada masyarakat) bahkan kedepan kita akan lakukan pertukaran Dosen dan tenaga kesehatan,"bebernya.

Menjadi catatan, Kegiatan ini dilakukan selama 23 hari kelender dimulai 23 Desember kemarin hingga 4 Januari 2020. Sejumlah titik yakni di Kota mataram dan Kabupaten Lombok barat.  Sejumlah wilayah kota mataram yaitu Kelurahan Dasan Agung, Kelurahan Dasan Cermen dan lombok barat yaitu Desa Labuapi, Desa Batulayar. (inc)