FK Unram Akan Buka Program Pendidikan Dokter Spesialis I Obstetri dan Ginekologi -->

Iklan 970x250px

FK Unram Akan Buka Program Pendidikan Dokter Spesialis I Obstetri dan Ginekologi

Rabu, 15 Januari 2020


Mataram,Incinews.Net- Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) dan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (RSUD Provinsi NTB) menerima kunjungan visitasi Kolegium Obstetri dan Ginekologi Indonesia.

Kunjungan mereka  dalam rangka Pembukaan Program Pendidikan Dokter Spesialis I Obstetri Dan Ginekologi FK Unram - RSUD Provinsi NTB di Aula Rinjani RSUD Provinsi NTB, Rabu (15/1/2020).

Visitasi dilaksakan oleh Prof. Dr dr. Wachyu Hadisaputra, Sp.OG(K) selaku Ketua Kolegium Obstetri dan Ginikologi Indonesia didampingi Prof. Dr. dr. Soegiharto Soebijanto, Sp. OG (K) selaku Komisi Akreditasi dan Penjaminan Mutu Senter Pendidikan.

Acara pembukaan visitasi juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi NTB, Rektor Universitas Mataram, Direktur RSUD Provinsi NTB, Dekan FK Unram, dan Ketua IDI NTB.

Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum, dalam sambutannya menceritakan sejarah berdirinya FK Unram dan capainya yang telah diraih FK Unram.

“FK Unram merupakan salah satu dari sembilan fakultas yang ada di Universitas Mataram, yang usianya masih relatif muda, FK Unram berdiri sejak tahun 2003. Meskipun demikian, FK Unram sudah terakreditasi A.” jelasnya saat menyampaikan sambutan.

Prof. Husni juga menyatakan akan terus berkomitmen mengembangkan FK Unram mulai dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), jurnal akreditasi dan pembangunan sarana dan prasarana. “salain itu, tentunya pembukaan program spesialis yang hari ini divisitasi,” tambahnya.

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Wachyu Hadisaputra, Sp.OG(K) menyatakan dukungannya dan siap membantu pembentukan program pendidikan Dokter  Spesialis I Obstetri dan Ginekologi yang sudah sejak satu tahun yang lalu di inisiasi oleh Unram melalui Dekan FK.

“Kami bersama Prof. Soegiharto selaku Komisi Akreditasi dan Penjaminan Mutu Senter Pendidikan datang dari Jakarta ingin membantu untuk terlaksananya pembukaan program studi Spesialis I Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran Unram yang telah dibicarakan sejak satu tahun yang lalu di Jakarta oleh Dekan FK Unram, tapi tentunya monitoring dan evaluasi harus ketat agar kualitasnya terjamin,” tutur Prof. Wachyu.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Wachyu juga memaparkan masalah perizinan yang saat ini sudah semakin mudah, namun dengan monitoring dan evalusi yang diperketat.

Wakil Gubernur Provinsi NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. yang turut hadir dan memberikan sambutan menyampaikan dukungannya kepada Unram dan FK Unram yang akan membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis I Obstetri dan Ginekologi.

“Pemerintah Provinsi NTB mendukung penuh Unram dan FK Unram untuk membuka spesialis Obstetri dan Ginekologi, dan tentunya prodi-prodi spesialis lainnya.” tegas Hj. Rohmi.

Ia juga mengingatkan akan besarnya tanggung jawab yang harus diemban dari terbentuknya Program Pendidikan Dokter Spesialis I Obstetri dan Ginekologi.

“Kita tentunya harus bersyukur, tetapi juga kita harus bertanggung jawab, seperti yang dikatakan oleh Prof. wachyu tadi bahwa konsekuensi dari dibukanya Prodi ini kita memang harus betul-betul bertanggungjawab dari sisi kualitas. Agar dokter-dokter yang dihasilkan nantinya betul-betul bisa diharapkan untuk dapat mengawal kesehatan masyarakat NTB dan di Indonesia,”tambahnya. (inc)