Incinews.net
Jumat, 24 Januari 2020, 11.45 WIB
Last Updated 2020-01-25T03:29:01Z
HeadlineHukum

3 Ton Miras Jenis Sofi dari Sumba Gagal Beredar di Bima

Foto: Barang Bukti Miras yang berhasil Diamankan Jajaran Polres Bima Kota (ist/Bo'im)


Incinews.net, Bima- Jajaran Polres Bima Kota berhasil gagalkan minuman oplosan jenis sofi sebanyak 102 Jerigen diperkirakan 3 ton. Minuman oplosan yang diselundupkan ke Bima ini diketahui berasal dari Kabupaten Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pengelundupan barang haram itu dengan menggunakan jasa angkut Perahu kayu oleh terduga dengan Inisial MY (52 thn) seorang Petani asal Desa Naru Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Terbongkaranya penyeludnupan itu, berawal informasi dari masyarakat terkait adanya upaya Penyelundupan Miras Jenis Sofi dalam Jumlah Besar. Mendapat informasi tersebut anggota Intel Brimob dengan terlebih dahulu melaporkan ke Kasi Intel Brimob Kemudian memerintahkan Team untuk segera Merespon dan Melakukan Pendalaman guna memastikan Informasi tersebut.

Dari hasil pendalaman dan pemantaun selama tiga hari. Team memprediksikan Miras Jenis Sofi tersebut akan di bongkar di sekitar wilayah Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima dari perahu menggunakan Mobil Mini Bus. Kemudian Team terbagi menjadi 3 yakni lewat Jalur Sape, jalur langgudu dan Jalur perahu kayu milik nelayan guna menutup akses keluar masuk nya miras tersebut.

"Dari hasil penggeledahan Team berhasil menemukan BB Miras Jenis Sofi 102 Jerigen, dengan jumlah 3.000 liter atau 3 ton tersebut  langsung diamankan di Mako Batalyon C Pelopor kemudian pelaku dan Barang Bukti selanjutnya diserahkan ke Sat Res Narkoba Polres Bima Kota utk dilakukan proses lebih lanjut,"kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.I.K., M.SI, rabu (21/1/2020) kemarin.

Lebih jauh ia mengatakan, maraknya peredaran Miras Jenis Sofi yang di selundupkan dari Labuan Bajo NTT merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya kasus penganiayaan, konflik sosial/horizontal maupun Gangguan Kamtibmas lain nya

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama dengan kepolisian menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing,"imbaunya.

(Inc)