Peminat Panwascam di Pilkada Dompu 2020 Meningkat

Iklan 970x250px

Peminat Panwascam di Pilkada Dompu 2020 Meningkat

Tuesday, December 3, 2019
Komisioner Bawaslu Kabupaten Dompu, sekaligus Ketua Pokja rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwscam), Nur Komalasari, SE.

Dompu,incinews.net - Peminat menjadi Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) Kecamatan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu (Pilkada) tahun 2020 di Bawaslu Kabupaten Dompu cukup tinggi.

Sejak dibuka pendaftaran hari pertama hingga hari terakhir, Selasa (03/12/2019) ini sudah ada 107 calon sudah mendaftar yang terdiri dari 96 laki-laki dan 11 perempuan. Mereka semuanya sudah mengajukan surat pendaftaran di kantor Sekretariat Bawaslu Dompu. 

Calon anggota Panwaslu Kecamatan yang dinyatakan lulus administrasi akan diseleksi melalui tes tulis secara online dan wawancara hingga Bawaslu Kabupaten Dompu menetapkan 3 (tiga) orang anggota di masing-masing Kecamatan.

"Calon anggota Panwascam yang sudah mendaftar ke kantor Bawaslu terlihat cukup banyak. Ini menjadi bukti bahwa tingkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Bawaslu meningkat," ujar Ketua Pokja rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwscam), Nur Komalasari, SE., Selasa (03/12/2019).

Lebih jauh ia merincikan jumlah calon anggota Panwascam yang sudah mendaftar di masing-masing Kecamatan. Diantaranya, di Kecamatan Dompu ada 23 orang, Kecamatan Pajo ada 11 orang. 

Sementara di Kecamatan Huu ada 11 orang, Kecamatan Woja ada 23 orang dan Kecamatan Manggelewa ada 9 orang. Kemudian di Kecamatan Kilo ada 11 orang, Kempo 11 orang dan Kecamatan Pekat ada 7 orang.

Katanya, tahapan tes tulis secara online dijadwalkan pada tanggal 13 s/d 17 Desember 2019 di SMPN 1 Dompu. Menurutnya, pelaksanaan tes tulis online menggunakan system socrative itu dilakukan sebagai wujud kesiapan Bawaslu menyeleksi calon-calon panwascam secara terbuka agar menghasilkan tenaga pengawas yang profesional dan mampu melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas dan bermartabat. (inc)