Incinews.net
Senin, 02 Desember 2019, 22.58 WIB
Last Updated 2019-12-02T14:58:00Z
HeadlineOrganisasiPemerintah

Muscab Ikatan Bidan Indonesia Bima yang Ke VI, Dibuka Wakil Bupati

Wakil Bupati Bima, memukul Gong

Bima,Incinews.Net- Wakil Bupati Bima H. Dahlan HM Noer, membuka secara resmi, Musyawarah Cabang (Muscab) Ke VI, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bima tahun 2019, Pada Senin (02/12), bertempat di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima.

Kegiatan tersebut dihadiri sedikitnya seribu peserta, dari total 1035 jumlah bidan yang ada di 18 Kecamatan se-Kabupaten Bima dan Pembukaan kegiatan ditandai dengan Wakil Bupati, memukul Gong.

Muscab IBI tahun 2019 mengambil tema "Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal dan Neonatal Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Pelayanan Berkualitas".

Dahlan mengatakan, bahwa muscab, selain memilih Pengurus periode 2019-2023, juga menjadi momen konsolidasi seluruh bidan di Kabupaten Bima untuk mengoptimalkan fungsi IBI."Momentum muscab itu bisa menjadi ruang, bagi keluarga besar bidan Kabupaten Bima untuk memilih figur-figur terbaik. Mampu dan memiliki kapasitas serta kecakapan untuk membawa organisasi IBI Kabupaten Bima menjadi organisasi yang profesional", ungkapnya.

‘’Saya berharap Muscab berjalan tertib dengan mengedepankan musyawarah dalam pengambilan keputusan. Perbedaan visi, misi, dan program kerja harus disikapi secara bijak demi kemajuan organisasi IBI ke depan,", Kata Dahlan.

Wakil Bupati berharap, Bidan di Kabupaten Bima, selalu kompak dan melayani, guna meningkatkan kesehatan masyarakat. Peran bidan untuk mencegah stunting, sehingga dapat menaikan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Bima, perlu terus diupayakan. Bidan juga berperan menekan angka kematian bayi dan ibu hamil, kata Dahlan.

Sedangkan Ketua Panitia, Nurhayati, S.St, melaporkan bahwa Muscab dilaksanakan satu kali dalam satu masa bakti kepengurusan, kecuali ada desakan kebutuhan adanya Muscab luar biasa. Sedangkan peserta yakni wakil Pengurus Daerah IBI Provinsi NTB, Pengurus PC. IBI Kabupaten Bima, anggota IBI Kabupaten Bima, utusan Institusi Pendidikan, unsur Oganisasi Profesi dan unsur organisasi wanita, ungkapnya.

"Tujuan dilaksanakan Muscab yakni menjaga dan meningkatkan eksistensi IBI melalui konsolidasi Organisasi", Kata Nurhayati.

Sementara itu, Ketua IBI Periode 2013-2018, St. Fatmah, Amd.Keb,  mengharapkan agar Muscab dapat berjalan lancar dan aman, meski disadari bahwa tugas Bidan tidaklah mudah. Mereka harus naik turun gunung mengunjungi pasien demi tugas kemanusian. 

Menurutnya, bidan di Kabupaten Bima siap mendukung semua program Pemerintah, dalam bidang kesehatan dan tetap berjalan sesuai koridor yang telah di atur oleh Pemerintah Daerah. Pada muscab ini selain silaturahmi dan konsolidasi juga dihajatkan untuk pemilihan Pengurus Baru Periode ke 2019 – 2023.

Selain wakil bupati bima hadir pula pada Muscab tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan. (Inc) Hum