Incinews.net
Sabtu, 28 Desember 2019, 22.22 WIB
Last Updated 2019-12-28T14:22:31Z
HeadlinePendidikanSosial

Mengenang Perjuangan TGH. A. Ghany Maskur Dalam Bingkai Sejarah


Bima,Incinews.net- Dalam rangka mengenang sejarah perjuangan Tokoh Karismatik dan Ulama Besar NTB KH. Gany.Masjkur, diselenggarakan diselenggarakan bedah Buku perjuangan Almarhum pada Sabtu, (28/12/2019).

Acara yang di laksanakan di Gedung Serba Guna Muhammadiyah Kota Bima tersebut di pandu langsung oleh Dr. Salahuddin Dena, M.Pd. Bedah buku tersebut, mengupas perjalanan Hidup TGH. A. Ghany Masjkur.

TGH. A. Ghany Masjkur adalaha tokoh tiga yang tidak pernah pudar semangat perjuangannya, melintasi tiga zaman (orla, orba dan reformasi).

Selain dikenal sebagai tokoh panutan di Internal Muhammadiyah, beliau juga merupakan tokoh masyarakat NTB.

Beliau di kenal gigih, berani, teladan, pemaaf, dan rujukan prejuangan bagi generasi sesudahnya hingga kini.

Ada dua buku yang mengupas perjalannya perjuangan Sang Kiai. Pertama, Buku 'Memaafkan Yang Membenci, Biografi TGH. A. Ghany Masjkur" tulisan  Dr. Muslimin Effendi. MA. Kedua Berjudul "TGH. A. Ghany Masjkur, Panutan Kehidupan Pelaku Dan Saksi Sejarah Dari Masa Ke Masa" Ditulis oleh Dr. H.M. Dahlan Abubakar, M.Hum.

Dalam pemaparannya Dr. Muslimin mengayatakan bahwa sosok 'Muma' sapaan yang biasa di panggil untuk TGH. A. Ghany Masjkur, yang paling penting adalah teladan yang harus di ikuti oleh generasi sekarang, terhadap almarhum adalah adalah figur pemaaf dan Senantiasa menyambung silaturahmi, ungkapnya.

"Ketokohan, keteladanan, penataan perkembangan generasi muda, basis kelimuan, terhadap guru dan murid, sangatlah masif di lakukan oleh beliau,  Dakwah bil Haq, dakwah keliling, serta pemberantasan penyakit tahayul Bid'ah dan khurafat selalu beliau terapkan di lingkaran keluarga dan masyarakat." Tegas Dr.  Muslimin Efendi

Dalam bedah buku tersebut selain di.hadiri langsung oleh putra dan putri beliau juga hadir tiga narasuber, dan ratusan undangan. (inc)