Hj. Niken Ajak LKKS Untuk Terus Memperluas Cakupan Kegiatan Sosial di NTB -->

Iklan 970x250px

Hj. Niken Ajak LKKS Untuk Terus Memperluas Cakupan Kegiatan Sosial di NTB

Kamis, 19 Desember 2019

Mataram,Incinews.net- Dalam satu tahun terakhir ini, banyak bantuan sosial yang sudah dilakukan oleh LKKS NTB. Diantaranya, bantuan kepada 2.500 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa di Kab/Kota Se-NTB. Juga Anjangsana untuk bantuan Rehabilitasi Gedung terhadap sejumlah LKSA/Panti dampak gempa serta penyusunan data base PMKS/PSKS sebagai data awal sebanyak 576.465 orang dan banyak lagi program lainnya. 

Tapi itu belumlah cukup. Kedepan LKKS diharapkan bisa lebih aktif dan memperluas lagi cakupan kegiatan untuk membantu dan menyentuh sekaligus mengatasi berbagai persoalan sosial yang dihadapi masyarakat kita, ujar Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati SE., M.Sc saat membuka sekaligus memimpin Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LKKS tahun 2019 di Ruang Gili Air Hotel Lombok Raya, Rabu, (18/12- 2019).

Untuk mampu menjalankan peran yang sangat strategis itu, maka Istri Gubernur Zulkieflimansyah yang akrab disapa Bunda Niken berharap kepada semua Lembaga sosial yang ada untuk terus meningkatkan kapasitas kelembagaan dan SDM sehingga memiliki kemampuan yang terakreditasi. Program untuk mendapatkan akreditasi, kata Niken sudah ada dari pusat. "Hanya saja perlu  Pelatihan untuk peningkatan kapasitas para Petugas," terangnya.

Hal yang lebih penting lagi, kata  Niken adalah perlunya pembangunan mindset di jajaran LKKS bahwa masyarakat para penerima bantuan, tidak boleh dipandang hanya sebagai  obyek. Tetapi harus diperlakukan sebagai subjek pembangunan yang ikut menentukan capaian kinerja pemerintah daerah, tegasnya.

Ia menilai bahwa LKKS NTB telah menjalankan program-programnya di tahun 2019 dengan sangat baik dan sejalan dengan visi NTB Gemilang. 

"Satu tahun ini sudah banyak yang dilakukan LKKS di seluruh Kabupaten di NTB. Yang paling aktif ada di Lombok Timur dan Sumbawa.Dan yang lain juga terus berbenah dan memberikan yang terbaik," tutur Bunda PAUD Indonesia tersebut.

Kepala Dinas Sosial NTB Dra. T. Wismaningsih Drajadiah menuturkan, sebagai lembaga sosial, LKKS mempunyai peranan yang strategis dalam rangka menggali, mengembangkan, dan mengkoordinasikan semua potensi sosial dalam masyarakat. Dinas Sosial sendiri telah menjalankan program terkait bantuan kepada penerima manfaat melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial tahun 2019. Bantuan tersebut berupa bantuan kebutuhan dasar Anak, Bantuan Home Care Lansia, Bantuan Program Kesejahteraan Sosial Anak, Bantuan Kedaruratan untuk Lanjut Usia, serta Bantuan Langsung Tunai berupa uang Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas.

"Kami berharap dapat bersinergi dengan seluruh Lembaga Sosial baik pemerintah maupun non pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat," tutur Kadis Sosial NTB.

Wakil Ketua 3 Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi NTB, Ir. H. Subhan menambahkan, Pemerintah Provinsi NTB dan Baznas telah bersinergi dengan baik dalam regulasi dan anggaran. Di tahun 2019 ini BAZNAS NTB sendiri telah melampaui target dalam pengumpulan zakat masyarakat. Oleh karena itu, H. Subhan berharap sinergi yang telah dibangun dengan Pemprov NTB dalam penyalurannya dapat tetap terjaga. 

"Tahun ini kita telah melampaui target. Karena itu kita sangat bersyukur. Semoga kami bisa menyalurkannya dengan tepat," tuturnya.

Rakerda dengan agenda mengevaluasi dan merencanakan program kerja LKKS tersebut akan berlangsung selama 2 hari (18-19 Desember) di tempet yang sama. Peserta sendiri berjumlah lebih dari 30 peserta yang merupakan perwakilan dari LKKS se-Provinsi NTB. (inc)