Incinews.net
Senin, 23 Desember 2019, 18.26 WIB
Last Updated 2019-12-23T10:26:15Z
HeadlineHukum

54 Orang Anggota Panwascam Kabupaten Bima, Dilantik Bawaslu


Bima,Incinews.Net- Ketua Bawaslu Kabupaten Bima melantik dan  mengambil sumpah 54 orang amggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Bima, Senin, 23 Desember 2019. 

Hadir dalam acara itu, Bupati Bima, Kapolres Bima dan Kapoles Bima Kota serta Dandim 1708 Bima.  Anggota Panwascam yang terdiri dari 3 orang di setiap kecamatan tersebut akan bertugas mengawasi seluruh tahapan pengawasan Pemilihan Kepala daerah yang dilaksanakan tahun 2020 mendatang. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH dalam sambutannya menjelaskan, pelantikan anggota Panwascam tersebut merupakan acara yang sangat sakral dan merupakan ending dari proses perekrutan yang dilakukan oleh kelompok kerja. "Kami meyakini bahwa anggota Panwascam yang dilantik hari ini adalah orang orang baik yang mampu menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara," ucap Ebit, sapaan Ketua Bawaslu.

Ditegaskannya, setelah pelantikan ini, Panwascam telag dinanti oleh tugas pengawasan. Dalam waktu dekat, tepatnya mulai 15 Januari 2020 KPU akan mulai proses pembentukan lembaga ad hoc. "Pembentukan PPK oleh KPU merupakan tahapan penting yang juga diawasi oleh Panwascam," terangnya

Sementara Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, SE  dalam sambutannya, mengingatkan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Bima untuk tidak pandang bulu dalam melakukan pengawasan. Selain itu, Panwascam juga diingatkan untuk membaca aturan sebagai payung hukum dalam pelaksanaan tugas, sehingga tindakan yang diambil sesuai dengan prosedur dan ketentuan aturan yang berlaku. "Jangan mengambil tindakan berdasarkan kehendaknya," Terang Bupati.


Hal lain yang diingatkan oleh Hj. Indah,  Panwascam dalam melaksanakan tugasnya agar murah senyum dan menunjukkan sikap ramah kepada masyarakat maupun kontestan. "Pengawas pemilu harus murah senyum. Jangan menampilkan wajah yang terlalu serius dalam melaksanakan tugas pengawasan, tandasnya mengingatkan. (Team)