Incinews.net
Senin, 11 November 2019, 00.26 WIB
Last Updated 2019-11-10T16:26:13Z
HeadlinePemerintah

Hari Pahlawan, Momentum Untuk Bangkit Berjuang Bangun Daerah dengan Cara Masa Kini


Mataram,Incinews.Net- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, mengajak masyarakat dan generasi muda NTB untuk memaknai Hari Pahlawan sebagai spirit untuk bangkit berjuang membangun daerah dengan cara masa kini. Yakni dengan cara kreatif dan semangat inovatif.

Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi itu mengatakan perjuangan para pahlawan dulu dengan komitmen memerdekakan bangsa dari kolonial penjajah kini telah usai. "Saatnya kita memegang estafet perjuangan dengan cara kita sendiri. Jangan sampai hari bersejarah ini tidak dimanfaatkan sebagai momentum untuk berkreasi serta berinovasi dengan cara kita masing masing dalam upaya bersama membangun daerah,bangsa dan negara," kata wagub usai upacara tabur bunga di Kompleks Makam Pahlawan RI Tgkh. M. Zainuddin Abdul Madjid, Pancor, Lombok Timur,  Minggu 10 November 2019.

Salah satu cara untuk memaknai hari pahlawan, kata Umi Rohmi maka kita bisa meneladani  Pahlawan Nasional Tgkh. M. Zainuddin Abdul Madjid. Yaitu sepanjang usianya mendedikasikan diri bagi agama nusa dan bangsa melalui pendidikan. Dan banyak lagi contoh-contoh baik dari pahlawan nasional yang perlu kita teladani, ujarnya.

"Ingat apa yang dilakukan pahlawan Tgkh. M. Zainuddin Abdul Madjid, semasa hidupnya sangat gigih dalam membangun agama dan bangsa melalui madrasah- madrasah yang didirikannya," ungkap ummi Rohmi.

Menurut orang nomor dua di NTB ini, sosok kegigihan Maulanasyaikh harus dijiwai dan menjadi pedoman oleh siapapun. "Jangan menjadi generasi lemah, jadilah generasi yang tahan banting, kuat dalam menapaki setiap langkah perjuangan ," ungkap ummi rohmi.

Serangkaian peringatan hari pahlawan ke 74 tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi NTB menggelar upacara peringatan di sejumlah tempat sekaligus. Diantaranya di Taman Makam Pahlawan Mataram di Majeluk, Pelabuhan Lembar dan Tabur Bunga di Laut serta Upacara Bendera di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB di Mataram.

Usai upacara, Gubernur NTB Dr.H. Zulkieflimansyah menyerahkan bingkisan kepada 64 orang veteran pejuang sebagai wujud apresiasi dan penghargaan atas jasa-jasa perjuangan dan pengabdiannya yang cukup besar bagi kemajuan daerah, nusa dan bangsa.
Kemudian dilanjutkan ziarah makam ke Makam Pahlawan RI Tgkh. M. Zainuddin Abdul Madjid di Pancor, Lombok Timur, dipimpin Wakil Gubernur Dr.Ir.Hj.Siti Rohmi Djalilah.

Turut hadir dalam acara tersebut Mantan Gubernur NTB dua periode, DR. TGB. M.Zainul Majdi, Bupati Lombok Timur H. Sukiman Azmy,unsur TNI - Polri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov NTB serta santri dan santriwati dilingkungan Yayasan pendidikan Nahdlatul Wathan pancor. (inc)