Incinews.net
Jumat, 08 November 2019, 00.36 WIB
Last Updated 2019-11-07T16:39:26Z
HeadlinePendidikan

Deklarasi Sekolah Ramah Anak, SMPN 2 Wera Terapkan 3S


Bima,Incinews.Net- SMPN 2 Wera mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak, Kamis (7/11/2019). Deklarasi untuk menyiapkan generasi emas 2045 ini, diawali penyambutan sederhana dengan menerapkan senyum, salam dan sapa (3S).

“Deklarasi sekolah ramah anak dilakukan para siswa, guru dan staf, minus wali murid,” kata Kepala SMP N 2 Wera, Andi Irawan M.Pd.

Menurutnya, deklarasi tersebut sebagai komitmen awal berupa sumpah yang diikrarkan bersama warga sekolah dalam mewujudkan serta menyiapkan generasi emas 2045 mendatang.

“Kita ingin dimulai hari ini sampai seterusnya,” kata kepala sekolah inovatif ini.

Ada lima isi ikrar yang dideklarasikan, antara lain :

1.    Menjadikan sekolah sebagai rumah pendidikan yang ramah dan melindungi dengan pelayanan prima, aman dan nyaman.
2.    Melaksanakan Pembelajaran dengan cinta dan kasih sayang tanpa kekerasan.
3.    Mendidik dengan hati, hati-hati, dan sepenuh hati.
4.    Menjamin kesehatan dan menjaga lingkungan, menghargai kesetaraan hak pendidikan tanpa diskriminasi.
5.    Menjadi sahabat dalam kebersamaan, bermartabat dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur mbojo dan nilai-nilai luhur bangsa indonesia.

Sebelum deklarasi, kebersamaan warga sekolah dalam rangkaian kegiatan beragam kegiatan. Seperti para siswa mempraktekkan mencuci tangan, do'a bersama sebelum dan sesudah makan.


“Warga sekolah juga bersama-sama menyanyikan lagu indonesia raya tiga stanza. yang biasanya hanya satu stansa dan menghafal bersama asmaul husna,” katanya pria yang akrab disapa Abi Andi.

Kemudian Usai deklarasi, dilanjutkan dengan kegiatan Senam sehat dan bergembira bersama. Kegiatan Pojok literasi dan disini siswa membaca bersama berbagai macam buku, pembelajaran biasa, tetapi semua dilakukan diluar kelas.

“Ada yang belajar di rumah pohon, ada yang belajar di sarangge literasi, di lapangan basket, di bawah pohon dan di emperan. Berlangsung sampai jam 10 pagi,” katanya.

Abi Andi berharap sekolah ramah anak menjadi kegiatan kebersamaan yang berlangsung pada waktu tertentu secara berkelanjutan dengan menghadirkan proses belajar, bermain dan berkarya bersama-sama dalam balutan cinta, kasih sayang, keceriaan, kebahagiaan dan kegembiraan lahir batin.


“Semoga ada bantuan dari pihak tertentu yang mendukung kegiatan literasi. Misalnya sumbangan berupa buku2 bacaan fiksi dari pemerhati pendidikan, supaya menambah wawasan siswa dan semangat siswa untuk membaca dan menjadi lebih kreatif lagi membaca,” harapnya. 

Ia juga mengajak dan mengundang pihak dari semua kalangan, untuk melihat kegiatan dan aktivitas SMPN 3 Wera. Dengan memberikan kontribusi positif untuk mendapatkan generasi emas tahun 2045.

“Semoga mereka menjadi manusia-manusia yang sukses Selamat hari ramah anak. Jaya selalu untuk anak Indonesia,” pintanya. (Inc)