Bentuk dan Bina Generasi Muda, Dandim Loteng Buka Persami Saka Wira Kartika

Iklan 970x250px

Bentuk dan Bina Generasi Muda, Dandim Loteng Buka Persami Saka Wira Kartika

Sunday, November 10, 2019

Lombok Tengah,Incinews.Net - Komandan Kodim 1620/Loteng Letnan Kolonel Czi Prastiwanto, SE. M.I.Pol., membuka Perkemahan Satuan Karya Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Cabang Lombok Tengah di lapangan Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Loteng, Sabtu (9/11).

Sesuai jadwal yang sudah disiapkan, acara perkemahan yang diikuti sekitar 350 orang siswa-siswi SMP dan SMA sederajat akan dilaksanakan sampai besok Minggu tanggal 10 November 2019.

Dandim 1620/Loteng dalam amanatnya menyampaikan kegiatan perkemahan ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, Inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa. 

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya agar kegiatan tersebut betul-betul dilaksanakan dengan baik dengan harapan gelora semangat perjuangan para pendahulu, kita terapkan hari ini dalam membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dandim Loteng juga menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta diantaranya, Pertama, tingkatkan intensitas dan kualitas Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa bagi generasi muda. Kedua, ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara. Ketiga, kokohkan persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keempat, amalkan Satya dan Dharma Pramuka yang merupakan inti dari gerakan Pramuka.  Kelima, galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama anggota Pramuka sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan. 

Acara pembukaan perkemahan Saka Wira Kartika dihadiri para Perwira Staf dan Danramil jajaran, Perwakilan Polsek Batukliang Utara, Ipda Umar, Kepala  Desa Aik Bukak Hamdan, Wakil Kwarcab Pramuka Cabang Loteng Totok Purwanto, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Terpisah, Kepala Penerengan Korem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos., disela-sela kesibukannya mengatakan kegiatan pembinaan Pramuka ini merupakan program satuan sebagai salah satu wujud pembinaan teritorial di wilayah Kodim masing-masing. 

"Jadi seluruh Kodim punya binaan Pramuka, namanya Pramuka Saka Wira Kartika. Ini setiap tahun diadakan lomba antar Pramuka SWK dengan menampilkan Pramuka SWK terbaik yang digelar Korem 162/WB seperti tahun ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Narmada," terang Dahlan.

Pria kelahiran Taliwang KSB tersebut berharap melalui kegiatan Pramuka SWK, para generasi muda siap menghadapi tantangan hidup kedepan dengan tetap berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai modal utama untuk bertahan hidup selain berdoa. (Inc)