Incinews.net
Jumat, 04 Oktober 2019, 11.01 WIB
Last Updated 2019-10-04T03:01:03Z
HeadlineSosial

Sekum HmI STIE Apresiasi Pemkab Pulangkan Warga Bima dari Papua


Bima, Incinews.Net -Sekretaris Umum HmI Komisariat STIE Bima, Aburijal mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima memulangkan warga Bima yang menjadi korban kerusuhan Wamena, Papua.

"Kita apresiasi langkah Pemkab Bima ini. Memang sudah seharusnya demikian," katanya, Jum'at (04/10/2019).

Aburijal menilai langkah cepat Pemda Bina tersebut sebagai antisipasi agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, menyusul kerusuhan yang terjadi di Wamena Papua beberapa waktu lalu.

Meski demikian Ia berharap, setibanya warga Bima di kampung halaman nanti, tetap diperhatikan juga oleh Pemda Bima. Termasuk melakukan trauma healing sebagai upaya pemulihan trauma khususnya kepada anak-anak.

"Ini penting dilakukan. Memastikan kondisi mereka pulih secara psikologis," katanya.

Seperti diketahui sebanyak 77 orang warga Bima terdampak korban kerusahan Wamena Papua direncanakan akan dipulangkan pada Minggu (06/10/2019) dan Senin (07/10/2019) pekan ini.

Kepulangan 77 warga tersebut berkat kepedulian dan pembiayaan atas inisiatif Bupati,  Wabup Bima, para pengusaha dan berbagai pihak. Bahkan Kabid BJS Dinsos Kabupaten Bima Rizal Mukhlis, SE akan mengkoordinir langsng pemulangan.

“77 warga itu akan dipulangkan Minggu dan Senin pekan ini,” kata Rizal

Menurut Rizal yang diutus dan ditunjuk sebagai Koordinator pemulangan warga Bima di Papua ini  mengaku, sebanyak 47 orang akan dipulangkan minggu 6 Oktober. Kemudian menyusul Senin 7 Oktober sebanyak 30 orang.

“Kita juga telah mengirim langsung kode boking tiket pesawat kepada warga yang akan dipulangkan ini,” katanya.

Sementara Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Bima tetap mendo’akan agar proses pemulangan tersebut tidak terkendala apapun.

“Saya sampaikan ucapan selamat kembali ke tanah leluhur Dana Mbojo tercinta,” ujarnya. (Inc)