80 Hektar Kawasan Taman Nasional Tambora Terbakar -->

Iklan 970x250px

80 Hektar Kawasan Taman Nasional Tambora Terbakar

Rabu, 16 Oktober 2019
Personil TNI/Polri dan Petugas Balai TNT sedang berupaya keras memadamkan kobaran api dikawasan Tambora.

Dompu,incinews.net - Kesekian kalinya, Kawasan Taman Nasional Gunung Tambora NTB terbakar. Kebakaran hebat itu kembali terjadi mulai dari Pos 4 dan 3 hingga merembet ke Pos 2 yang dikabarkan terjadi pada Selasa kemarin.

Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Murlan Dameria Pane, S.Hut., M.Si., Rabu (15/10/2019) membenarkan kejadian itu. Katanya, luas lahan kawasan Taman Nasional Tambora yang terbakar sudah sekitar 80an Hektare terhitung sejak Agustus hingga sekarang.

"Untuk hasil riil kebakaran kawasan dihitung setelah tidak ada asap dan api," cetusnya.

Katanya, untuk menjaga kondisi Taman Nasional Tambora diperlukan kepedulian semua pihak dengan secara bersama-sama berupaya melakukan pencegahan dan pemadaman jika terjadi kebakaran hutan dan lahan baik dikawasan taman nasional Tambora maupun diluar kawasan.

Menurutnya, kebakaran yang terjadi saat ini sumbernya berada diluar kawasan hingga merembet kawasan Tambora. "Hal itu didukung oleh kondisi cuaca dan dedaunan kering sehingga mudah terbakar dan merembet ke kawasan Tambora," jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, upaya pencegahan terus dilakukan Balai Taman Nasional Tambora dengan cara persuasif melalui sosialisasi dan penyuluhan agar masyarakat sekitar bisa secara bersama-sama mempertahankan kondisi tambora agar lebih kondusif.

"Kami sudah berupaya melakukan patroli siang dan malam, namun untuk menjaga itu semua tidak cukup hanya dilakukan oleh petugas Balai TNT saja. Harus ada kepedulian para bersama," katanya. (inc)