Pria Dena Ini Dikukuhkan Jadi Guru Besar Biologi UNRAM -->

Iklan 970x250px

Pria Dena Ini Dikukuhkan Jadi Guru Besar Biologi UNRAM

Sabtu, 28 September 2019

Mataram,- Incinews.Net -Prof. DR. H. Muhlis H. Usman M.Si dikukuhkan menjadi Profesor/Guru Besar bidang ilmu Biologi pada Universitas Negeri Mataram (Unram). Pengukuhannya melalui Rapat terbuka Senat di Gedung Aula Auditorium Yusuf Abubakar, Kamis(27/9/2019) pagi.

Pria asal Dena Kecamatan Madapangga ini dikukuhkan sebagai Guru Besar setelah menyelesaikan Jurnal Internasional tetang pengelolaan dan pemanfaatan terumbu karang.

Prof. Muhlis dalam pidatonya mengungkapkan masih banyak potensi sumber daya alam khususnya di laut yang belum diketahui dan dieksplorasi akibatnya masih banyak yang belum dikelola secara optimal dan dimanfaatkan dengan baik.

"Salahsatu potensi SDA itu yakni pengelolaan dan pemanfaatan terumbu karang," ujarnya.

Menurutnya kondisi terumbu karang dapat dilihat dari berbagai aspek. antara lain dari aspek persen tutupan karang, aspek indeks kematian karang, aspek struktur bentuk pertumbuhan karang dan aspek laju pertumbuhan kerangka karang.

"Kondisi terumbu karang di perairan wisata bahari Gili Trawangan pada aspek pertumbuhan karang, indeks kematian dan kondisi oseanografi berada pada kondisi baik, sedangkan pada aspek persen tutupan karang kondisinya jelek dan sedang," ujarnya.

Diakuinya salahsatu usaha untuk mempertahankan keberadaan terumbu karang diareal tersebut adalah dengan memperbaiki keberadaan substrak tempat penempelan planula karang dan tempat penempelan pertumbuhan karang

"Yakni merehabilitasi habitat terumbu karang dengan teknologi buatan," tandasnya. (Inc)