Polsek Rastim, Behasil Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan -->

Iklan 970x250px

Polsek Rastim, Behasil Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

Sabtu, 07 September 2019

Kota Bima, Incinews.Net- Selama dua hari terakhir Polsek Rastim bersama anggota Pos Ramil Rasane Timur, anggota Pemadam Kebakaran Bima Kota dan anggota Kesatuan Pengelolaan Hutan Maria Donggo Masa disibukkan dengan kebakaran hutan.

Kapolres Kota Bima melalui Kasubag Humas Iptu Hasnun mengatakan, kegiatan berawal dari informasi masyarakat yang diterima Bhabinkamtibmas Kelurahan Kodo Bripka Imanudin SH, sekitar pukul 19:00 wita bertempat di areal So Doro Rengge,Kelurahan Kodo Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima telah terjadi kebakaran hutan dan lahan, ungkapnya, Kamis (5/9)

Lanjut Hasnun, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kodo Bripka Imanudin SH, bergandengan dengan Kapolsek Rasanae Timur Iptu A. Luthfi Hidayat SH, langsung menghubungi instansi terkait yang tergabung dalam SATGAS KARHUTLA untuk bersama-sama turun ke titik api dan melakukan pemadaman.

Dikatanya, bhabinkamtibmas Kelurahan Kodo bersama piket SPKT Polsek Rasanae Timur dan SATGAS KARHUTLA lainnya dengan jumlah personil keseluruhan 20 orang berupaya memadamkan api dengan menggunakan 2 unit Mobil Damkar Pemerintah Kota Bima. "Api berhasil dipadamkan pada pukul 21:00 wita dengan perkiraan luas lahan yang terbakar kurang lebih 4 hektar", Jelas Hasnun.

"Dihari ke dua sekira pukul 16:30 wita didapatkan informasi dari masyarakat kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan di lain tempat. Dengan adanya informasi tersebut Kapolsek Rasane Timur membagi 2 Regu untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan", kata Hasnun.

Pemadaman kebakaran di So Doro Sabali Kelurahan Oimbo dipimpin oleh Kanit Sabhara AIPTU Hanafi yang dibantu beberapa warga saat tiba di lokasi langsung berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya dengan cara dibuatkan garis pembatas (membersihkan daun-daun) dan apipun berhasil dipadamkan dengan perkiraan luas lahan yang terbakar kurang lebih 2 hektar. "Sementara Pemadaman Kebakaran di So Doro Sabali Kelurahan Oi Mbo dipimpin oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Kodo BRIPKA Imanuddin SH bersama anggota KPH Maria Donggo Masa dengan jumlah personil sebanyak 10 orang", pungkasnya.

pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan menggunakan peralatan seadanya dengan cara yang sama berhasi juga dipadamkan  dengan perkiraan luas lahan yang terbakar kurang lebih 5 HA

Dengan adanya hal demikian Polsek Rasanae Timur, menghimbau masyarakat berhati-hati dalam membuang Puntung Rokok yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan untuk menjaga melestarikan alam yang berguna untuk masyarakat sendiri, tutup Hasnun. (Inc)